PEMKAB CILACAP DUKUNG GERAKAN BELANJA PRODUK UMKM

Pandemi Covid-19 berakibat memunculkan beragam permasalahan secara sosial, ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Terutama pada bidang ekonomi, sebagai garda terdepan perekonomian Indonesia, UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sangat merasakan dari imbas adanya wabah tersebut. Dan yang kentara yakni bagi para pelaku usaha mikro dan kecil, menurunnya angka penjualan secara drastis. Diakibatkan ketidakberdayaan dalam produktivitas maupun pemasaran selama pandemi.

Ditemui di salah satu rumah pelaku UMKM Cilacap, yang sengaja dijadikan tempat pengumpulan produk sekaligus koordinasi penyediaan paket parsel lebaran, di Jalan Badranaya Desa Tritih Wetan. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) yang didampingi kepala Bidang Pemberdayaan Pengembangan Koperasi dan Fasilitasi Usaha Mikro DPKUKM Kabupaten Cilacap. Hari Rabu, 5 Mei 2021, melakukan simbolik penyerahan pembelian produk UMKM Cilacap dalam bentuk paket parsel lebaran.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap, Umar Said SE, MM., menyampaikan, demi kembali meningkatkan produktivitas UMKM, Pemkab Cilacap melalui DPKUKM menyasar dunia perbankan, BUMN, Perusda, BUMD hingga Swasta pada Gerakan Belanja Produk UMKM Kabupaten Cilacap. Yakni dengan melakukan Pembelian produk UMKM dalam bentuk Parsel Lebaran.

Pelaku UMKM cukup antusias menangkap peluangprogram penawaran paket parsel lebaran oleh Pemprov Jawa Tengah, Pemkab Cilacap dan OJK dalam rangka Gerakan Belanja Produk UMKM ini.” ungkap Umar Said.

Pemesanan paket parsel lebaran ini dikoordinasi oleh Asosiasi UMKM Kabupaten Cilacap, yang diketuai oleh Suwaryan. Menurutnya, “Banyak pelaku UMKM yang terlibat dalam penyediaan parsel lebaran ini. Dengan pengkoordinasian manajemen dan distribusi melalui Asosiasi UMKM Cilacap, yakin akan lebih mudah untuk bangkit bersama-sama dan jadi lebih kuat.”

Pada Gerakan Belanja Produk UMKM ini, Asosiasi UMKM Cilacap menerima pesanan mencapai 200 hingga 500 paket parsel lebaran, dari berbagai sektor mulai instansi OPD, Perbankan, BUMD, bahkan perseorangan. “Isi parsel semuanya asli produk dari UMKM Cilacap.” Tandas Umar Said.

Suwaryan menambahkan, dirinya selaku ketua sekaligus mewakili Asosiasi UMKM Cilacap sangat mengapresiasi adanya Gerakan Belanja Produk UMKM. Dan berterimakasih atas kepercayaan dan dukungan dari berbagai pihak, khususnya Pemkab melalui DPKUKM. Harapannya, dukungan semacam ini bisa berjalan terus dan berkelanjutan.

Gerakan belanja produk UMKM sangat membantu dalam penjualan produk UMKM Cilacap. Kedepannya baik dari Pemkab, BUMD, BUMN, Swasta maupun dari UMKM yang tergabung melalui Asosiasi UMKM Kabupaten Cilacap bisa saling mensupport menggerakkan perekonomian.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code