KONSOLIDASI FORUM UMKM CILACAP – Rapat Koordinasi UMKM Kabupaten Cilacap

Cilacap (25/3), Keberadaan sebuah forum atau komunitas merupakan bukti eksistensi anggotanya. Demikian halnya, keberadaan Forum UMKM Kabupaten Cilacap. Yang dibentuk pada 16 Februari 2016 dengan difasilitasi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Cilacap (yang saat ini menjadi Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM / DPKUKM Kabupaten Cilacap). Yang dengan kiprahnya telah turut aktif dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia para pelaku UMKM di Kabupaten Cilacap. Hingga purna tugas kepengurusan di tahun 2020.

Menindaklanjuti kondisi tersebut, DPKUKM Kabupaten Cilacap, mengadakan Rapat Koordinasi UMKM. Pada hari Jum’at 25 Maret 2021 di Aula Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap. Yang tujuan utamanya, yakni melakukan penyegaran Forum UMKM Cilacap. Dengan melakukan konsolidasi serta pembentukan struktur baru. Konsep yang ditawarkan adalah, selain memberikan kemudahan dalam koordinasi antara dinas dengan para pelaku UMKM Cilacap, yang diantaranya kemudahan transfer informasi program-program baik kebijakan maupun kegiatan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. Selain itu pula, Forum menjadi sebuah wadah yang independen yang bisa menaungi semua UMKM Cilacap yang tergabung dan bisa mengkoordinir berbagai kepentingan UMKM baik individu maupun komunitas khusus, elemen atau paguyuban UMKM. Sehingga UMKM Cilacap bersatu dan menjadi satu kesatuan, tidak lagi terkotak-kotak.

Dalam sambutan Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap yang disampaikan oleh Agus Firmanudin, S.Sos. M.Si selaku Sekretaris Dinas. Diberikan apresiasi atas kinerja para pengurus Forum UMKM yang selama ini telah berkontribusi kepada perkembangan UMKM di Cilacap. Forum UMKM adalah milik UMKM, rumah bagi UMKM untuk bisa mendapatkan keteduhan, kenyamanan, pendidikan serta pengayoman. Sebagaimana fungsi rumah dan keluarga.

Kedepan, Forum diharapkan mampu sebagai wadah yang independen bagi keluarga UMKM Cilacap. Dinas pun menginginkan akan adanya kemudahan komunikasi dan koordinasi, dari dinas kepada UMKM tentu dengan perantara Forum UMKM. Semisal saja jika ada kegiatan ataupun program pemerintah terutama dari kabupaten, dapat dengan mudah cari calon peserta. Dapat dengan mudah mengetahui pertumbuhan dan perkembangan UMKM di Cilacap. Pendataan pelaku usaha melalui Forum, tentu akan memudahkan semua pihak, terutama dinas sebagai perwakilan pemerintah kabupaten.” Harap beliau, usai membacakan sambutan.

Sebelum diadakan pemilihan kepengurusan yang baru, Erna Juliana selaku Ketua Forum UMKM demisioner, menyampaikan semacam pertanggungjawabannya selama memegang amanah menjadi ketua forum UMKM. Yang tersaji, dalam paparan portofolio Forum UMKM Cilacap. Termasuk di dalamnya, kepengurusan, pelaksanaan program kerja serta capaian kinerja selama periode kepengurusan.

Pada akhir rapat koordinasi UMKM, diputuskan dibentuk Tim Formatur yang akan bekerja selama 7 hari. Sebagaimana nantinya akan menggodhog konsep dan format akan seperti apa Forum UMKM Cilacap itu, Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga, serta siapa saja yang nantinya memegang tampuh amanat mengemban kepengurusan selanjutnya.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code