Pelatihan Melek Sosmed Omset Meroket

Cilacap, Rumah BUMN Cilacap melalui PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Cilacap kembali menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Usaha “Melek Sosmed Omset Meroket”.  Pelatihan tersebut digelar pada Hari Selasa, 22 September 2020, diperuntukkan bagi pelaku UMKM Cilacap. Dengan berbasis teknologi pemanfaatan media sosial, bagaimana agar bisa meningkatkan hasil penjualan atau omset.

Kegiatan Pelatihan tersebut dibuka oleh Agus Firmanudin, S.Sos, M.Si selaku Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa sudah saatnya UMKM Cilacap bisa menguasai Teknologi Informasi, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial untuk kepentingan meningkatkan usaha, terutama dari promosi dan pemasaran. Selain itu, beliau juga mengingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan yang berlaku di masa new normal ini.

Selanjutnya, sesi pertama menghadirkan narasumber Annas Setiawan Prabowo, Dosen Politeknik Negeri Cilacap. Yang menyampaikan tentang optimasi peran Web SEO dalam meningkatkan pencarian di Mesin pencarian semisal Google atau Yahoo. Dengan munculnya laman kita di mesin pencarian, hal ini akan menambah kunjungan terhadap laman website, maupun media sosial yang dipunyai UMKM. Tentunya dengan tujuan menaikkan jumlah pengunjung media sosial, yang imbasnya meningkatkan jumlah penjualan.

Pada Sesi Kedua, Enden Primandhika, ST, Konsultan PLUT Cilacap bidang SDM menyajikan materi tentang Jualan dan promosi melalui halaman Facebook. Bahwa saat ini, peluang untuk jualan di media sosial facebook tidak lagi menggunakan akun pribadi. Tetapi lebih dioptimalkan melalui halaman facebook.

Caranya, jika kita sudah punya akun facebook maka tinggal dibuatlah halaman facebook. Halaman yang kita buat boleh kita namai dengan nama toko kita, atau branding yang dipunya. Setelah dilengkapi data, berikut konten semacam foto dan tulisan menarik, barulah kita undang teman-teman facebook kita untuk me-like halaman facebook kita. Sederhananya seperti itu.

Pada masa sekarang, orang telah memiliki gawai berupa smartphone. Dengan gawai itu, kita seperti telah menggenggam dunia di tangan. Terlebih dengan beragam aplikasi maupun situs media sosial, hal tersebut menjadi sarana untuk menunjang kemajuan usaha. Karenanya, dengan pelatihan ini diharapkan UMKM bisa MELEK SOSMED, dan akhirnya OMSET MEROKET.[fz]

4 thoughts on “Pelatihan Melek Sosmed Omset Meroket

  • September 23, 2020 at 7:47 am
    Permalink

    Salam sukses buat seluruh mitra umkm.. Aamiin

    Reply
    • September 25, 2020 at 8:03 am
      Permalink

      sukses juga seafood nya

      Reply
    • September 25, 2020 at 8:02 am
      Permalink

      trims.. dan sukses juga untuk Anda

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code