PLUT CILACAP GELAR SIMULASI SOP LAYANAN NEWNORMAL

CIS CILACAP, Sebagai upaya penyiapan kegiatan layanan selama masa newnormal. PLUT KUMKM Kabupaten Cilacap menggelar simulasi pelaksanaan prosedur operasional baku (Standar Operasional Prosedur/ SOP) inovasi layanan konsultasi terpadu newnormal. Baik untuk kegiatan yang bersifatnya online maupun offline. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin 29 Juni 2020, di Gedung PLUT Cilacap. Dengan pelibatan langsung konsultan pendamping PLUT, bagian administrasi layanan dan beberapa pelaku KUMKM Cilacap.

Kegiatan simulasi tersebut diadakan sebagai percontohan dalam pelaksanaan kegiatan layanan sesuai dengan protokol kesehatan. Pelaksanaan simulasi juga didokumentasikan dengan pengambilan video. Yang nantinya bisa dibagikan kepada semua pengguna layanan. Agar terjaga ketertiban dan kedisiplinan dalam berinteraksi selama layanan konsultasi. Baik dari pihak PLUT Cilacap, sebagai penyelenggara jasa layanan maupun pelaku KUMKM sebagai pengguna jasa layanan.

 

Dengan nantinya, pemberlakuan penerapan newnormal. PLUT Cilacap bisa kembali memberikan jasa pelayanan kepada para pelaku KUMKM di Cilacap secara optimal. Bahkan untuk kunjungan lapangan ke lokasi tempat usaha KUMKM, dirasa bisa kembali dilaksanakan. Tentu dengan tetap menjaga prosedur keamanan kesehatan, bagi konsultan yang turun ke lapangan.

“Kegiatan ini sangat penting, mengingat selama masa pandemi kemarin ini. Bahwa pelayanan konsultasi di PLUT sangat beragam. Ada beberapa yang belum berdisiplin, menjaga penerapan protokol kesehatan. Dari yang sederhana saja, pemakaian masker. Lalu, masih ada saja KUMKM yang langsung masuk tanpa cuci tangan. Atau yang sulit, kaitannya dengan social distancing maupun physical distancing.” Terang Sahid Hidayat, Koordinator PLUT Cilacap.

Terutama bila nanti pelaksanaan penerapan masa newnormal. Perlu diberikan gambaran, arahan dalam menjaga keamanan kesehatan. Dalam berkegiatan di PLUT, baik yang sifatnya konsultasi maupun kegiatan bimbingan teknis/ pelatihan. Bagaimana pun, Cilacap masih dikhawatirkan dengan penyebaran covid-19.” Tambahnya lagi.

Harapannya, dengan pendokumentasian video, akan diinformasikan dan disebarkan melalui daring atau media sosial. Sehingga akan menjadi panduan para pelaku KUMKM mengakses jasa layanan di PLUT Cilacap. Baik untuk kegiatan konsultasi usaha. Maupun saat mengikuti kegiatan workshop maupun pelatihan di masa penerapan newnormal.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *