Ngopi Bareng Ramane, Pemkab Cilacap Siap Fasilitasi Produk UMKM

CILACAP, -- Melalui DPKUKM (Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM), Pemerintah Kabupaten Cilacap siap fasilitasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar terus berkembang. Konsentrasi pembangunan sumberdaya manusia (SDM) terutama bagi pelaku usaha agar lebih inovatif dan kreatif. Sebagaimana diungkap dalam Rapat Koordinasi UMKM Kabupaten Cilacap. Digelar di Gedung PLUT Cilacap, Kamis 19 Desember 2019.

Rapat koordinasi tersebut diadakan secara akbar. Dengan menghadirkan beragam elemen, yakni pemerintah kabupaten selaku regulator, unsur OPD/ Dinas terkait pembina UMKM, Pelaku usaha sebagai mitra, perbankan, akademisi, pelaku UMKM dan beberapa elemen masyarakat pendayagunaan potensi lokal di Kabupaten Cilacap. Acara yang dikemas dengan Ngopi bareng Ramane & Icip-icip Produk UMKM, sengaja diambilkan tema tersebut. Hal itu dilakukan dalam rangka mengangkat salah satu potensi lokal yang sedang booming. Yakni potensi kopi cilacap, diantara yang sudah kondang yakni kopi robusta Cilumping, Dayeuhluhur. Tentu dengan tidak mengabaikan potensi produk unggulan lainnya, seperti Batik, Sale pisang, Gula semut, Sebutret, Anyaman bambu, dan Olahan ikan.

Bupati Cilacap, H. Tatto Suwarto Pamuji, dalam sambutannya membuka gelaran acara tersebut, menyatakan bahwa, “Pemerintah siap memfasilitasi kebutuhan UMKM, terutama di kalangan generasi muda yang memiliki jiwa ekonomi kreatif”.

Dalam acara tersebut juga sekaligus untuk me-Launching Galeri PLUT Cilacap, sebagai sarana yang dihadirkan pemerintah kabupaten dalam menggalakan promosi dan pemasaran produk-produk UMKM Cilacap. Kedepannya, selain sebagai Rumah dan Klinik usaha bagi UMKM, Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Cilacap, dengan adanya galeri tersebut bisa menampung seluruh produk UMKM di wilayah Kabupaten Cilacap. Sehingga, bila ada kunjungan atau tamu baik dari luar Cilacap, dari pusat maupun luar negeri, --misalnya, akan mudah mengenalkan produk-produk Cilacap dengan cukup dibawa ke Galeri PLUT. Tamu dan calon mitra dapat langsung melihat produk UMKM Cilacap. Sekalian berbelanja oleh-oleh khas Cilacap.

Benang kusut permasalahan pemasaran produk harus diurai, sehingga UMKM kembali bergairah dalam berproduksi, sehingga kedepannya mampu memenuhi permintaan dan penyerapan tenaga kerja di Cilacap.” Terang Umar Said, SE, MM selaku Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Cilacap.

“Pemkab sudah melaksanakan berbagai langkah promosi, diantaranya mengikutkan produk UMKM dalam ajang pameran lokal, regional, nasional dan internasional. Dan saat ini untuk mempermudah promosi dan pemasaran, serta lebih mengenalkan kembali kepada masyarakat Cilacap tentang apa saja produk yang dihasilkan kabupatennya sendiri, Galeri PLUT harus dioptimalkan”. Pungkasnya.

Selain penyerahan beberapa sertifikat, yaitu Sertifikat halal produk UMKM dari fasilitasi program dinas, sertifikat-sertifikat pelatihan tenant inkubator, juga Fasilitasi perijinan usaha melaluui OSS yaitu diterbitkannya NIB (nomor Induk Berusaha) dan IUMK (Ijin Usaha Mikro dan Kecil). Pada acara tersebut juga dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama tentang kemitraan promosi dan pemasaran dengan beberapa pihak. Diantaranya dari Trolee, Pesona JNE, PHRI BPC Cilacap dan Wana  Wisata Kemit Forest.[fz]

One thought on “Ngopi Bareng Ramane, Pemkab Cilacap Siap Fasilitasi Produk UMKM

  • March 19, 2020 at 7:05 am
    Permalink

    Saya ingin lebih banyak artikel seperti ini!! Jangan berhenti menulis ya ^_^

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *