Setrum Daya agar UMKM Naik Kelas

CIS Cilacap, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi UKM pada Hari Senin tanggal 25 Juni 2018. Bertempat di PLUT Cilacap, rakor tersebut mengambil tema Peningkatan UMKM Naik Kelas. Rakor diikuti oleh 40 perserta dari para pelaku UMK di Kabupaten Cilacap.

Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber Samsul Hadi, SE, Ketua ABDSI (Asosiasi Business Development Services Indonesia). Sengaja didatangkan untuk menyetrum daya/ kemampuan dan kompetensi para pelaku usaha di Cilacap. Juga memberikan pemahaman dan pencerahan terkait UMKM naik kelas kepada para pelaku usaha di Cilacap.

Acara yang dibuka oleh Sri Yani Anggraeni, SE, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro. Dalam sambutannya, selain diharapkan terbangun pemahaman bersama tentang naik kelas, juga adanya transformasi ilmu dan pengalaman dari sesama pelaku usaha di Cilacap. Sehingga nantinya akan mendorong pelaku usaha untuk melakukan penetrasi pasa di kancah global dan internasional.

Cak Samsul memberikan paparan tentang strategi pengembangan usaha melalui model UMKM naik kelas. Metode 3GO, yakni Go Modern; Go Digital; dan Go Global.

Go Modern, menitikberatkan pada sikap mental dan prilaku berwirausaha. , optimalisasi teknologi khususnya teknologi informasi guna mendukung promosi dan pemasaran produk. Go Global, artinya UMKM baik pelaku maupun produknya harus siap masuk ke pasar global. Yang juga berarti UMKM harus siap bersaing dengan pelaku usaha dari luar negeri secara langsung.

Pada sesi tanya jawab, sebagian besar UMKM masih berpikir tentang bagaimana strategi menaikkan omset semata. Ada hal lain yang juga penting dalam menjalankan usaha, yakni membangun sistem, dan juga membangun jaringan mitra usaha.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *