FGD Isu Renstra UKM Jawa tengah

CIS Cilacap,--- Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Focus Group Discussion: Identifikasi Isu Strategis Renstra Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa tengah. Pada Senin, 21 Agustus 2017 bertempat di Hotel Dafam Cilacap. Dihadiri oleh 30 peserta dari beberapa pelaku UKM dan dari pihak pemerintah Kabupaten Cilacap yang diwakili oleh dinas-dinas pemangku kepentingan UKM, serta dari akademisi.

Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai masukan guna penyusunan rencana strategis bagi pengembangan dan kemajuan UKM di Jawa Tengah. Karenanya benar-benar ingin mengetahui peta potensi berikut gambaran umum UKM di Kabupaten Cilacap.

Bima Kartika, selaku Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, menyampaikan tentang capaian perkembangan UKM Jawa Tengah secara umum. Dilanjutkan serap aspirasi tentang UKM Jawa Tengah terkini. Selain itu pula bahwa Dinas Provinsi telah menyediakan layanan pasar online melalui Sadewa Market, yang portal marketplace-nya akan segera dilaunching secara resmi.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap, Dian Arinda Murni, SH. MM, juga memaparkan tentang potret UKM Cilacap terkini. Perkembangan produk unggulan Cilacap yakni Batik, Gula Semut, Sale Pisang, Sebutret, Olahan Ikan dan Anyaman Bambu. Produk UKM Cilacap yang dirasa sedang naik daun yakni bamboo laundry, yang berupa kombinasi antara anyaman bambu dengan perca kain batik, sudah diekspor ke negara Timur Tengah.

PLUT Cilacap sebagai tempat layanan usaha bagi UKM, boleh dikata kliniknya UKM. Keberadaan PLUT sangat menunjang dalam kinerja menaikkelaskan potensi usaha UKM di Cilacap, imbuh beliau.

Kegiatan dilanjutkan dengan melakukan analisa SWOT potensi maupun kelemahan tentang gambaran UKM Kabupaten Cilacap.[fz]

One thought on “FGD Isu Renstra UKM Jawa tengah

  • February 13, 2018 at 4:08 am
    Permalink

    thanks for sharing this article 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *