Motivasi Bisnis e-Commerce bagi UMKM

CIS Cilacap -- Sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi dalam digitalisasi UMKM, PLUT KUMKM Cilacap gelar kegiatan bertajuk “Motivasi Bisnis e-Commerce Digital Ekonomi berbasis UMKM”. Acara tersebut digelar pada Hari Rabu, 21 Juni 2017 bertempat di Gedung PLUT Cilacap. Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 UMKM yang telah terdaftar dalam rkb.id, blanja.com serta cilacapgallery.com.

Dalam kesempatan tersebut, peserta mendapatkan motivasi-motivasi bisnis secara umum dari Firdaus, perwakilan Kanwil BNI Jateng-DIY. Peserta juga mendapatkan motivasi menjalankan usaha beserta kebiasaan-kebiasaan baik dalam menjalankan bisnis oleh Sahid Hidayat, S.IP selaku Koordinator PLUT Cilacap.

Selain itu, secara khusus peserta juga mendapatkan materi dan motivasi dari Konsultan PLUT bidang Pemasaran, Azka D. Elmursyidy, S.Sos. Terkait bagaimana menjalankan pemasaran produk melalui online, terutama melalui marketplace yang diikuti, seperti blanja.com dan cilacapgallery.com. Kebanyakan dari peserta masih gamang dalam hal pengelolaan toko online yang dipunyai dalam sarana marketplace yang sudah diikuti. Banyak diantara mereka hanya memiliki akun toko saja, sementara produk minim upload/ tayang.

Pada sela-sela kegiatan tersebut, RKB Cilacap mendapat kunjungan dari Bapak Bop Tyasika Ananta, Direktur Operasional BNI. Beliau memang sedang melaksanakan kunjungan kerja guna memantau perkembangan RKB (rumah Kreatif BUMN).

Diharapkan agar para UMKM yang sudah tergabung dalam marketplace, agar bisa mengoptimalkan potensi dan peluang fasilitas e-commerce tersebut. Sehingga dalam persaingan global saat ini, UMKM bisa bertahan bahkan bersaing dengan produk lain, baik dalam negeri maupun luar negeri.[fz]

One thought on “Motivasi Bisnis e-Commerce bagi UMKM

  • February 16, 2020 at 10:32 am
    Permalink

    great, tetap semangat untuk update Artikelnya seperti ini

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *