Merubah Gulma Menjadi Kerajinan Bernilai Ekonomis

CIS Cilacap gelar kegiatan Pelatihan Keterampilan Usaha Produktif bagi Wirausaha Pemula Bidang Kerajinan Enceng Gondok di Kabupaten Cilacap. Acara tersebut berlangsung di gedung CIS Kabupaten Cilacap pada tanggal 21-24 Februari 2017, yang diikuti oleh 25 peserta dari para pelaku UKM. Lebih khusus bagi para pelaku usaha pemula di bidang kerajinan/ anyaman.

Sebagaimana diketahui bersama, enceng gondok merupakan sejenis tanaman yang biasa tumbuh di pelbagai perairan; seperti rawa, sawah, danau, sungai dan perairan darat lainnya. Enceng gondok biasanya menjadi gulma bagi perairan yang dimanfaatkan oleh manusia, pertumbuhan yang begitu cepat bisa menutup seluruh permukaan perairan. Karenanya manusia terkendala memanfaatkan perairan semisal untuk mencari maupun budidaya ikan.

Muncul inisiatif dari kalangan masyarakat, dengan pemanfaatan batang tanaman enceng gondok merubahnya menjadi suatu kerajinan anyaman. Di kecamatan Kawunganten, masyarakat telah memanfaatkan potensi kerajinan tersebut. Karenanya keterampilan mengubah gulma menjadi kerajinan anyaman yang bernilai ekonomis perlu ditularkan, enceng gondok juga ditemukan di beberapa kecamatan lain yang memiliki perairan darat.

Dengan terlebih dahulu mengeringkang tanaman enceng gondok, yang kemudian sengaja dipilih bagian batang tanamannya saja yang telah tumbuh cukup panjang, sekitar 40-60 centimeter. Batang enceng gondok yang telah kering sudah bisa dianyam, namun untuk mempercantik tampilan batang enceng gondok tersebut bisa direndam lagi dalam cairan pewarna kain atau cat. Dan yang lebih menarik ialah penggunaan warna alami yang biasa ditemui dalam keseharian, seperti buah pinang, kunyit, daun indigo, dan lainnya.

Dengan berbagai kreasi, anyaman enceng gondok bisa dibuat berbagai bentuk, antara lain: topi, tas, alas piring, kotak pensil, kotak kapur sirih, dan sebagainya. Untuk menambah ketahanan/ keawetan bisa juga anyaman yang sudah jadi diberi cat vernis. Bisa juga untuk mempercantik tampilan ditambahkan kombinasi aksesoris lainnya.

Hingga pelatihan selesai, para peserta pelatihan telah menghasilkan beberapa bentuk kerajinan anyaman enceng gondok, sebagaimanan yang sudah diajarkan tehnik menganyamnya oleh narasumber pelatihan yang merupakan praktisi pembuat kerajinan anyaman enceng gondok dari Kecamatan Kawunganten. [fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code