Re-Branding

Menteri Koperasi dan UKM meresmikan logo baru PLUT KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu) pada hari Jumat 9 Desember 2016 di Tulungagung. Hal tersebut dilakukan di dalam rangkaian acara peresmian Gedung PLUT-KUMKM Tulungagung dan Kampung UKM Digital di Kecamatan Ngantru Kabupaten Tulungagung Provinsi JawaTimur.

Logo baru PLUT dikembangkan dari bentuk siklus yang melambangkan values dari PLUT yaitu: Sinergis, Kompeten, dan Lokal. Sedangkan Siluet lingkaran merepresentasikan kekuatan dari sisi layanan konsultasi/pendampingan yang dilakukan oleh PLUT dalam mengembangkan KUMKM.

Tiga warna yang ada di logo baru PLUT yakni: 1) Merah melambangkan kekuatan, berjiwa muda dan bersemangat seperti PLUT yang selalu bersemangat dalam membantu KUMKM untuk Naik Kelas. 2) Hijau melambangkan sikap bertumbuh sebagaimana PLUT yang bertumbuh dan memajukan KUMKM untuk lebih kuat dan berkembang. 3) Biru melambangkan kepercayaan, kekuatan, dan kemandirian PLUT.

Deputi Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi & UKM Ir. Yuana Sutyowati, MM menjelaskan pentingnya Re-Branding terhadap PLUT-KUMKM. “Re-Branding PLUT-KUMKM adalah bagian dari langkah transformasi dalam rangka penajaman tujuan dan sasaran program dan optimalisasi peran dan fungsi dalam pelayanan UMKM Naik Kelas.” Ujarnya.

Melalui Re-Branding PLUT KUMKM diharapkan akan mempertegas fungsi intermediasi PLUT KUMKM dalam tiga hal: 1) memfasilitasi KUMKM melalui pendampingan, galeri, pengembangan produk unggulan, dan lain-lain. 2) Optimalisasi KUMKM dengan me-leverage fasilitas dan sarana-prasarana yang telah dimiliki PLUT-KUMKM. Dan 3) Memperdayakan pendamping KUMKM / Konsultan Bisnis yang berada di sekitar daerah operasional PLUT melalui berbagai skema kerjasama yang saling menguntungkan.

Terkait dengan Arah strategi PLUT KUMKM, diharapkan dalam waktu 4 tahun kedepan akan menjadi Center of Excellence di daerah masing-masing. Hal tersebut akan ditempuh melalui empat fase: 1) meningkatkan awareness, 2) membangun kepercayaan, 3) menjembatani / intermediasi, dan 4) menjadi Center of Excellence.

Dalam kesempatan terpisah Direktur Utama LLP-KUKM Ahmad Zabadi yang juga merupakan salah satu penggagas pendirian PLUT KUMKM di tahun 2012 lalu menyatakan: “Saya suka dengan logo baru PLUT. Keren dan nyambung dengan gagasan PLUT yang interline dengan SMESCO.”

Kedepan kita akan melihat semakin eratnya kerjasama PLUT dengan SMESCO/LLP-KUKM dalam mewujudkan peningkatan produktivitas dan daya saing KUMKM

#UMKMnaikKelas
#PLUTKUMKM
#CIS