Pelatihan Branding Klimis Jualan Laris

Cilacap, Rabu 23 September 2020 Rumah BUMN Cilacap, lagi, selenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Kapabilitas Usaha bagi UMKM Cilacap. Bekerjasama dengan Pusat layanan Usaha Terpadu (PLUT) Cilacap. Mengambil judul, “Branding Klimis Jualan Laris”.

Kegiatan dibuka oleh Eli Kurniawati, SE, Kepala Bidang Pemberdayaan Pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Cilacap. Dunia UMKM dirasa memang masih baru, terlebih belum lama menjabat sebagai kabid pemberdayaan pengembangan koperasi dan usaha mikro. Namun dengan pengalaman panjang bergelut  di Bidang Perekonomian di Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, yang menangani perusahaan. Tentu menjadi bekal pribadi kedepannya dalam membantu dan melayani para pelaku UMKM  di Kabupaten Cilacap. Tutur beliau di sela-sela sambutannya, membuka acara.

“Dunia UMKM tentu lebih menarik dan kompleks. Dari permasalahan, karakter pelakunya dan berbagai aktivitas penunjang usaha lainnya. Karenanya, kedepan DPKUKM melalui PLUT dan Rumah BUMN akan terus fokus mendampingi UMKM. Agar pelaku usaha bisa mandiri dan makin berkembang usahanya”. Tambahnya.

Pada rangkaian penyampaian materi pertama, tentang Branding bagi UMKM. Disampaikan oleh Sahid Hidayat, S.IP selaku Kepala Seksi Fasilitasi Usaha Mikro DPKUKM sekaligus Koordinator PLUT Cilacap. Branding menurutnya, adalah sebuah gambaran kesan atau citra dari diri kita. Konteksnya disini adalah Apa, Siapa, dan Bagaimana usaha kita. Branding usaha bisa dari Nama, Logo, Merek, maupun semboyan atau tagline yang orang akan mudah mengingat. Jadi, ketika disebut tentang usaha kita, orang lain (calon konsumen) akan langsung paham.

Materi kedua disampaikan oleh Azka Donan Elmursyidy, S.Sos, konsultan bidang pemasaran PLUT Cilacap. Jualan di masa sekarang, new normal karena pandemi covid-19, cukup sulit dengan penjualan sebagaimana biasa. Tatap muka, dan bayar secara langsung, terlalu riskan. Karenanya, sebagai salah satu solusi, diOnLinekan saja. Hal ini selain sesuai protokol penjagaan kesehatan, tidak berkerumun, tidak bersentuhan langsung. Pastinya adalah, bahwa era sekarang kecanggihan teknologi telah menjadikan dunia ada digenggaman. Smartphone, yang hampir semua orang punya, bisa dijadikan sarana promosi dan penjualan. Entah, dengan bantuan aplikasi ecommerce dan marketplace, ataupun yang hanya melalui media sosial. Saat ini jualan online sangat efektif.

Pada kesempatan terakhir, diperkenalkan aplikasi promosi local brand. Yakni aplikasi COD market, yang bisa dijadikan sarana promosi bagi UMKM Cilacap.

Branding menjadi bekal yang mendasar bagi pelaku UMKM mengenalkan produknya. Jualan melalui online, sangat mendukung dan memudahkan baik penjual maupun pembeli. Dengan begitu, harapannya UMKM tetap bersemangat untuk jualan, menjalankan usahanya.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code