Greget Bisnis Hari UMKM di Kabupaten Cilacap

CILACAP. Perayaan Hari UMKM Nasional di Kabupaten Cilacap digelar secara sederhana. Tepatnya, hari Rabu, 12 Agustus 2020, PLUT KUMKM Kabupaten Cilacap yang bersinergi dengan RKB Cilacap, merayakan dengan mengundang 40 pelaku usaha mikro dan kecil Cilacap. Dalam gelaran Greget Bisnis Hari UMKM Nasional di Kabupaten Cilacap. Pelaksanaan di Gedung PLUT Cilacap, dengan tetap menjaga prosedur standar layanan masa new normal.

Dalam kegiatan kali ini, Selain pelibatan UMKM, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap, PLUT Cilacap, RKB Cilacap, juga dari PT. POS Indonesia Kantor Cabang Cilacap.

Dalam acara tersebut, hadir beliau, Bapak Fernanda, Kepala Kantor Pos Cilacap yang baru. Dengan usia yang terhitung masih muda. Bersemangat untuk membersamai UMKM dengan program layanan dari PT. POS.

Pada kesempatan pertama, Sahid Hidayat selaku Koordinator PLUT Cilacap dan RKB Cilacap. Memberikan ragam motivasi dalam menjalan usaha. Sebagaimana, pelaku usaha yang disebut dari kata wirausaha. Wira berarti Seorang pejuang, berani mengambil resiko. Dan usaha, adalah upaya menghasilkan pendapatan dengan memberi kemanfaatan kepada orang lain. Pun, dimasa krisis ekonomi ’98, justru UMKM lah yang sanggup bertahan.

Karenanya UMKM menjadi perhatian khusus dari pemerintah. Sebagai salah satu wujud penghargaan kepada para pelaku UMKM, tiap-tiap tanggal 12 Agustus dihadiahkan sebagai Hari UMKM Nasional. Di tahun 2020 ini, mengususng tema UMKM Unggul Indonesia Maju.

Selanjutnya, penyampaian penjelasan dari Pos Cilacap oleh Ira Listiyanti tentang program terbaru dari PT. Pos. Adalah COD POS. Program layanan dari pos sebagaimana memberi pelayanan terhadap pola marketing yang sedang marak di para pelaku usaha. COD, Cash on Delivery. Dengan kemudahan aplikasi melalui QPOSin Aja dan PGM (Pos Giro Mobile) menjadi duet tak terpisahkan layanan jualan produk dengan COD melalui sosial media, non marketplace.

Beragam souvenir dan doorprize diberikan kepada peserta kegiatan. Salah satu yang menarik, adalah bagi siapa yang sudah menginstal aplikasi QPosin Aja dan PGM, langsung mendapat saldo awal dari Pak Fernanda, Kepala Kantor Pos Cilacap.

Hingga dilanjut tanya jawab mengenai aneka layanan jasa pengiriman via POS. Terkadang UMKM belum memahami kaitan metode pengemasan dan packing yang sesuai standar pengiriman antar kota maupun antar negara. Pun dengan syarat khusus bagi barang/ produk tertentu.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code