Pelatihan Manajemen Produksi dan Manajemen Keuangan Bagi UMKM RKB Cilacap

RKB CILACAP. Dalam upaya pembekalan pengembangan kapasitas dan kapabilitas usaha bagi UMKM Cilacap. RKB Cilacap menggelar pelatihan manajemen produksi dan manajemen keuangan usaha. Dengan judul “Modal Mekar, Usaha Lancar” pada hari Senin, 3 Agustus 2020. Melibatkan 40 peserta dari UMKM Cilacap. Dengan tetap menjalankan prosedur standar layanan sesuai protokol penjagaan kesehatan di masa new normal.

Sahid Hidayat, S.IP selaku Koordinator RKB Cilacap dan PLUT KUMKM Kabupaten Cilacap, menyampaikan kendala bagi UMKM adalah belum pahamnya pengelolaan produksi yang berstandar SNI. Karenanya perlu diberikan pengertian tentang seperti apa dan bagaimana berproduksi. Mulai dari proses, tempat bahkan sampai pengemasan. Sementara dari sisi keuangan, juga masih banyak yang campur aduk. Karenanya perlu dipahami tentang pengelolaan keuangan usaha.

Kegiatan tersebut menghadirkan Anisha Dian Iswahyuni, M.Sc dan Fathur Rozi, SE, Konsultan PLUT Cilacap sebagai narasumber pengisi materi.

Pada sesi pertama, Anisha menyajikan materi tentang pengetahuan berproduksi yang bisa memenuhi standar nasional indonesia. Dari bahan baku saja sudah harus bisa dipenuhi standar, bila pun belum SNI, ya minimal standar sendiri. Begitu pun proses produksi harus memenuhi standar, termasuk tempat dan peralatan yang digunakan.

Begitu pun dengan produk yang dihasilkan harus punya kriteria standar tersendiri. Agar bisa jadi nilai tersendiri, keunggulan ataupun ciri khas produk.

Hingga sesi kedua, Fathur memaparkan tentang pengelolaan keuangan usaha. Prinsipnya, yaitu pemisahan keuangan usaha dengan keuangan pribadi/ keluarga. Banyak UMKM belum menerapkannya. Imbasnya, uang yang dimiliki oleh pelaku usaha habis terpakai untuk kebutuhan pribadi. Saat akan berproduksi lagi, bingung mendapatkan modal untuk sekedar beli bahan baku.

Salah satu yang dikelola dalam keuangan usaha adalah modal. Berupa investasi pada peralatan dan mesin dan modal kerja untuk berproduksi. Perolehan modal bisa dari uang pribadi yang disetor sebagai modal awal.

Disampaikan pula, beragam sumber permodalan usaha bagi UMKM. Pelaku usaha dapat mengakses tambahan modal usaha, kepada lembaga keuangan baik yang berupa perbankan maupun non bank.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar para pelaku UMKM Cilacap bisa menerapkan ilmu yang didapat. Dan dapat ditindaklanjuti dengan menerapkannya langsung dalam usahanya sendiri.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code