Pelatihan Manajemen Keuangan dan Administrasi Pembukuan Bagi UMKM RKB Cilacap

RKB CILACAP. Sebagai salah satu bekal pengembangan kapasitas usaha bagi UMKM Cilacap. RKB Cilacap kembali melaksanakan kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan dan administrasi pembukuan usaha. Dengan judul “Jualan Tercatat, UMKM Hebat” pada hari Senin, 27 Juli 2020. Dengan pelibatan 40 peserta dari UMKM. Tentu dengan tetap menjalankan prosedur standar prosedur layanan sesuai protokol penjagaan kesehatan semasa new normal.

Dalam sambutannya, Sahid Hidayat, S.IP selaku Koordinator RKB Cilacap dan PLUT KUMKM Kabupaten Cilacap, menyampaikan bahwa kendala terbesar UMKM adalah tidak adanya catatan keuangan. Hanya mengandalkan ingatan dan perhitungan berdasar kira-kira. Akibatnya, tidak tahu berapa omset hasil penjualan dan besarnya keuntungan bersih. Diantaranya pun masih minim untuk sekedar melakukan pencatatan transaksi. Atau yang sederhananya saja menyimpan nota transaksi.

Kegiatan tersebut menghadirkan Yohana Hasman, SE dan Fathur Rozi, SE, Konsultan PLUT Cilacap sebagai narasumber pengisi materi.

Pada sesi pertama, Yohana menyajikan materi tentang pengelolaan keuangan usaha. Satu hal yang menjadi prinsip, yakni pemisahan keuangan usaha dengan keuangan pribadi/ keluarga. Hal ini yang masih belum bisa diterapkan oleh UMKM kita. Imbasnya, uang yang dimiliki oleh pelaku usaha dari hasil usaha hilang, habis terpakai untuk beragam kebutuhan pribadi. Dan ketika akan berproduksi lagi, bingung mendapatkan modal untuk sekedar beli bahan baku.

Pengelolaan keuangan terkait Harta/ Asset dikelompokan dengan 5 hal. Dari Kas, Piutang, Barang persediaan,  Modal kerja, dan Utang. Yang kesemuanya nanti tertuang dari bagian Neraca keuangan.

Hingga sesi kedua, Fathur memaparkan tentang pencatatan keuangan bagi UMKM. Pengenalan tentang prinsip-prinsip akuntansi dan tata cara pencatatannya. Secara sederhana, dibutuhkan catatan transaksi (jual-beli), yang kemudian dilanjutkan kepada laporan keuangan sederhana. Neraca, laporan laba-rugi, dan laporan arus kas.

Kemudian dilanjutkan dengan praktek pencatatan keuangan usaha. Dengan tahap awal, menginventaris harta, utang dan modal, atau lebih kepada neraca saldo awal. Dilanjutkan dengan pencatatan jurnal transaksi.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar para pelaku UMKM Cilacap bisa menerapkan ilmu yang didapat. Dan dapat ditindaklanjuti dengan menerapkannya langsung dalam catatan keuangan usaha yang dijalankan. Bila kesulitan membuat laporan keuangan bisa berkonsultasi langsung untuk dibimbing melakukan catatan keuangan usaha.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code