Kesepakatan Kerjasama Kelola RKB BNI Pontianak

PONTIANAK- Untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM di Provinsi Kalimantan Barat demi terwujudnya UKM Indonesia yang berkualitas dan menjadikan RKB BNI Pontianak sebagai salah satu pusat data dan informasi serta pusat edukasi pengembangan dan digitalisasi UKM di Kota Pontianak, PT. Bank Negara Indonesia bersepakat dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat untuk menyelenggarakan Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI di Pontianak.

Demikian penegasan Drs. Ahi, MT selaku Kepala Dinas Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat dan, M. Farid Ma’rof selaku Pemimpin Kantor Cabang Pontianak PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Rabu 29 Januari 2020, seusai penandatanganan Perjanjian Kerjasama penyelenggaraan RKB BNI Pontianak sebagai salah satu pusat data dan informasi serta pusat edukasi, pengembangan dan digitalisasi UKM di Kota Pontianak.

Dikemukakan Drs. Ahi, MT selaku Kepala Dinas Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Barat, pihaknya sebagai perangkat daerah Provinsi Kalimantan Barat dan penyelenggara pemerintah daerah urusan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah menurut asas otonomi daerah dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengemban tugas menyejahterakan pelaku ekonomi UKM sebagai agen pembangunan nasional di bawah pengawasan pemerintah daerah. “Kami membuka diri kepada stakeholder yang bermaksud meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM,”ujar Ahi.

Sementara itu M. Farid Ma’rof selaku Pemimpin Kantor Cabang Pontianak PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, mengemukakan PT BNI (Persero) sebagai agen pembangunan nasional dibawah pengawasan Kementerian BUMN bermaksud membangun Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI Pontianak sebagai sarana untuk berkumpul, belajar dan membina para pelaku UKM Indonesia menjadi berkualitas.

Kerjasama yang berdurasi 2 tahun tersebut diharapkan mendapat respon positif para pelaku UKM di Kota Pontianak khususnya.

Hadir dalam kesempatan itu pula Anselmus S. Sos selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil, Aam Umar Jamjam, S. Sos selaku Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan Usaha Kecil dan, Suherman SE selaku Tenaga Ahli Pendamping Bidang Pemasaran pada Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Prov. Kalbar.

Sebagaimana diketahui, RKB BNI Pontianak adalah wadah yang dibentuk untuk menciptakan Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM. “Sangat tepatlah kerjasama semacam ini agar di era digitalisasi sekarang ini UKM mendapat perhatian dari banyak kalangan,”ujar Anselmus selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Kecil Dinas Koperasi UKM Prov. Kalbar.

Ungkapan senada dikemukakan Aam Umar Jamjam, S. Sos selaku Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Kualitas Kewirausahaan Usaha Kecil Dinas Koperasi UKM Prv. Kalbar dan, Suherman SE selaku Tenaga Ahli Pendamping Bidang Pemasaran pada Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Prov. Kalbar, kerjasama semacam ini menjadi peluang yang tepat bagi UKM untuk meningkatkan kinerja produksinya dengan mengedepankan profesionalisme pengelolaan UKM yang diharapkan bersumbangsih pada penciptaan lapangan kerja dan peningkatan PDRB bagi daerah sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *