Akhir Tahun, Pelatihan Simulasi Usaha Micro

CIS Cilacap. Penghujung tahun 2019 masih gelar kegiatan Pelatihan Simulasi Usaha Mikro (Micro Business Simulation) bersama Bank Jateng. Dilaksanakan di Gedung PLUT Cilacap pada hari Kamis – Jum’at tanggal 12-13 Desember 2019. Sebanyak 12 peserta ikut dalam pelatihan, dari pelaku usaha mikro di Cilacap dengan beragam latar belakang usaha.

Kegiatan tersebut juga sebagai sinergitas pembinaan dan pengembangan bagi pelaku usaha. Tujuannya agar para pelaku UMKM Cilacap mampu menjalankan usahanya dengan cara yang lebih sistematis. Sebagai pembukaan, konsultan PLUT memberikan sedikit motivasi kepada peserta. Agar mengikuti kegiatan dengan tertib, serta mengikuti memperhatikan petunjuk tutor dari Bank Jateng Cilacap.

Sebagaimana biasa, peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Hari pertama, peserta diajarkan tentang perencanaan usaha dan kelayakan usaha. Hal ini dimaksudkan agar pelaku usaha mempunyai pedoman dalam menjalankan usahanya. Menjalankan dan mengembangkan usaha tak boleh asal saja. Harus ada sesuatu yang ingin dituju, serta dibuat langkah-langkah mencapai tujuan tersebut. Bila dalam pengembangan usaha, mengalami kendala permodalan, hasil perencanaan bisa dijadikan dasar pengajuan tambahan modal ke Bank Jateng.

Aspek pemasaran menjadi poin penting dalam peningkatan omset penjualan. Menganalisa peluang pasar, serta didukung promosi yang tepat. Baik melalui media sosial, ataupun pengenalan kepada konsumen secara langsung. Semisal eksistensi tempat usaha maupun even seperti bazaar dan pameran. Bahkan dengan perantara kemasan yang cantik dan menarik.

Di hari kedua, materi beralih kepada hal yang krusial. Yakni pengelolaan keuangan, hal yang masih jarang dilakukan oleh banyak pelaku usaha mikro. Terlebih kaitannya dengan pemisahan keuangan pribadi dan keuangan usaha. Selain itu pencatatan keuangan masih banyak diabaikan. Meski hanya sebatas catatan transaksi pun masih sedikit yang melakukan.

Catatan keuangan terutama laporan keuangan, menjadi dasar mengetahui perkembangan usaha. Sudah berapa omset yang dicapai, bahkan keuntungan bersih bisa dihitungkan.” Tegas Hendra, tutor dari Bank Jateng.

Dengan pelatihan simulasi mengelola usaha mikro ini, diharapkan pelaku UMKM bisa menerapkan ilmu yang didapat. Tentu dalam upaya menjalankan dan mengembangkan usaha yang dimilikinya.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *