Pro UMKM Dan PLUT-KUMKM Kalbar Rintis Jakarta Branch Untuk Goes Nasional

PONTIANAK- Untuk memangkas ongkos kirim yang mahal, pendistribusian barang yang tepat sasaran, dan memperluas pasar UMKM Kalimantan Barat hingga menjangkau seantero Nusantara, Tim PRO UMKM Kalbar dan Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Provinsi Kalimantan Barat bersepakat membuka UMKM Kalbar Jakarta Branch.

Konsep UMKM Kalbar Jakarta Branch ini adalah sebuah konsep pasar informasi produk yang digagas melalui layanan online yang diharapkan mampu menjembatani kesulitan konsumen luar pulau namun tetap ingin mendapatkan layanan yang memenuhi unsur kecepatan dan ketepatan waktu, kualitas, kuantitas, profesional yang dapat memangkas biaya pengiriman yang akhir-akhir ini menjadi momok wisatawan untuk berbelanja.

Demikian dikemukakan Siswono Co-Founder Pro UMKM Kalimantan Barat, Kamis 16 Mei 2019, saat menyampaikan bakal diperkenalkannya konsep UMKM Kalbar Jakarta Branch. “Intinya UMKM kalbar Goes Nasional ini adalah kita mau memperkecil keluhan dan hambatan konsumen setiap saat jika ingin mendapatkan produk UMKM unggulan Kalbar,”ujar Siswono.

Dikemukakan Siswono, Jakarta sebagai ibukota negara menjadi simpul pengikat arus transportasi barang, jasa dan orang baik dari daerah-daerah maupun dari luar negeri. Jakarta sebagai simpul pengikat utama inilah yang menjadi sasaran PRO UMKM dan PLUT-KUMKM Prov. Kalbar untuk memberi manfaat dan kemudahan bagi kelancaran arus produk, barang dan jasa UMKM unggulan Kalbar agar lebih meningkatkan omzet penjualannya.

Hal senada disampaikan Suherman selaku Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, produk UMKM Kalbar untuk Goes Nasional, Goes International ini sudah menjadi tuntutan pasar di era pasar bebas. Jika kita tidak mempersiapkan piranti keras dan piranti lunak berbasis android dan regulasi yang menjamin usaha serta SDM yang mumpuni, maka kita akan sangat terlambat.

Jaringan komunitas antar pulau, lintas benua sudah terjadi secara alami baik karena pekerjaan maupun karena perkawinan antar pulau atau antar negara, namun kerinduan akan produk-produk UMKM unggulan daerahnya pasti muncul disaat mereka tidak bisa pulang kampung. “Saat itulah peranan UMKM Kalbar Jakarta Branch berperan menjembatani,”ujar Suherman. Belum lagi, arus wisatawan, yang ingin mendapat kemudahan berbelanja, tetapi tidak mengganggu kegiatan traveling.

Awal Mei lalu, PRO UMKM Kalbar telah mendatangani nota kesepakatan kerjasama dengan PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, tepatnya tanggal 2 Mei 2019. Dalam perjalanan singkatnya kedua belah pihak sama-sama sepakat untuk berlari mengejar pasar untuk sebesar-besarnya memberi manfaat bagi penggiat UMKM di Kalbar.

Kerja cepat dan berlari untuk meningkatkan omzet penjualan produk-produk UMKM itu sendiri harusnya dibarengi dengan ritme UMKM dalam berproduksi. Jika ada kesamaan ritme maka niscaya perubahan dan perbaikan serta kesejahteraan UMKM akan tercapai. “Karena selama ini pasar sudah terbuka dan tinggal menunggu siapa yang mampu bersaing,”ujar Suherman.

Visi Pro UMKM adalah menjadi mitra terpadu untuk membantu UMKM di Provinsi Kalimantan Barat agar memiliki daya saing di tingkat nasional, terutama di bidang pengenalan, edukasi dan pemasaran produk secara digital. Sedangkan misinya Tumbuh dan berkembang bersama UMKM lokal Kalimantan Barat; Membantu mempermudah akses pembeli ke produk UMKM terbaik Kalimantan Barat; Meningkatkan daya tarik dan daya saing produk dan komoditi lokal Kalimantan Barat di tingkat nasional, bahkan internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *