Lilis: Karbol Serai Wangi Solusi Ganda Atasi Nyamuk DBD

PONTIANAK- Membersihkan lantai rumah sekaligus mendapatkan manfaat ganda, terbunuhnya kuman, bakteri,  jamur, dan mengusir nyamuk, tentunya menjadi impian dan idaman ribuan ibu rumah tangga.

Pernah dan bahkan sering membersihkan lantai rumah tetapi yang diperoleh hanya manfaat bersih dan wangi dari cairan pembersih yang digunakan tentunya sudah lumrah. Tetapi mendapat manfaat ganda mengusir nyamuk dikawasan endemik Aedes aegypty yang merupakan jenis nyamuk yang membawa virus dengue penyebab penyakit deman berdarah (DBD) dan pembawa virus demam kuning, chikungunya dan demam Zika. Adakah produk seperti itu ?

Kupu Hijau adalah salah satu nama produk karbol sereh atau serai yang menawarkan solusi dari pembersih lantai yang sekaligus mendapat manfaat ganda dengan terhindarnya rumah dari kehadiran nyamuk yang menjadi momok para ibu rumah tangga disaat kehadiran wabah DBD yang tidak saja mengancam jiwa anak-anak bahkan hingga orang dewasa.

Demikian dikemukakan Lilis, 47 tahun, Owner Rumah Produksi Aksi Alam Lestari, Jumat 3 Mei 2019, yang membuat karbol sereh yang diberi  nama Kupu Hijau, saat mempresentasikan produk yang berfungsi sebagai disinfektan di Gedung PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, Jalan Sutan Syahrir Nomor 5, Pontianak.

Walaupun karbol sereh Kupu Hijau sudah me-release produknya dipasaran Kalimantan Barat, namun demi perbaikan dan atas nama perbaikan, Lilis selalu membuka diri untuk menerima masukan dari kegiatan “bedah produk” di Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Prov. Kalbar bersama Anton Juniardi selaku Konsultan Bersertifikat Pendamping Bidang SDM dan Rommy Hermanto selaku Konsultan Bersertifikat Pendamping Bidang Pengembangan TI serta Vincent J selaku Konsultan Bersertifikat Pendamping Bidang Pengembangan Jaringan Kerjasama.

Sebagaimana diketahui,  serai wangi/Cymbopogon nardus L. Rendle, adalah tanaman yang sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia, namun belum dilakukan secara komersiil dalam skala industri di Kalimantan Barat.  “Semoga dengan adanya produksi karbol serai Kupu Hijau ini, menjadi inspirasi bagi petani di Kalimantan Barat agar mau menanam tanaman serai wangi dan sekaligus membuat minyak atsirinya,”ujar Lilis yang masih mendatangkan minyak serai wangi dari Pulau Jawa.

Tanaman serai wangi memiliki bentuk daun yang lebih lebar dibandingkan bentuk serai wangi biasa. Daunnya membentuk rumpun yang lebih besar dengan jumlah batang lebih banyak. Warna daun lebih hijau tua. Tanaman serai wangi memiliki ciri – ciri tanaman berumpun. Akar serabutnya cukup banyak, mampu menyerap unsur hara dalam tanah cukup baik sehingga pertumbuhannya lebih cepat. Daunnya pipih memanjang menyerupai ilalang. Panjang daun mencapai 1 meter melengkung. Lebar daun bila pertumbuhan normal antara 1 – 2 cm. Bila daun diremas tercium aroma tajam khas serai wangi. Warna daun hijau muda hingga hijau kebiru – biruan. Batang berwarna hijau dan merah keunguan.

Minyak sereh wangi lebih dikenal dengan sebutan minyak Citronella. Diyakini bisa melindungi kulit kita dari gigitan nyamuk atau serangga. Penggunaan pada permukaan kulit terbukti akan terbebas dari gigitan nyamuk selama 6 jam. Minyak sereh adalah minyak atsiri yang diperoleh dari daun sereh dengan cara destilasi uap.

Dijelaskan Lilis, selain memproduksi karbol sereh, Kupu Hijau juga memproduksi karbol Pine Oil atau yang lebih akrab disebut minyak pinus. Dan varian gabungan karbol sereh plus minyak pinus. “Dengan tiga varian karbol sereh, karbol pinus dan karbol sereh plus pinus, diharapkan memberi pilihan yang tepat bagi konsumen yang mengharapkan produk karbol yang mengerti konsumen terutama konsumen dengan persoalan endemik serangan nyamuk Aedes aegypty yang merupakan jenis nyamuk yang membawa virus dengue penyebab penyakit deman berdarah (DBD) dan pembawa virus demam kuning, chikungunya dan demam Zika,”ujar Lilis.

Dengan adanya 3 varian karbol ini, urusan kebersihan semua ruangan dari kamar mandi, lantai di rumah-rumah, perkantoran, puskesmas dan rumah sakit yang ada di Kalimantan Barat sangat perlu menggunakan karbol Kupu Hijau, untuk bersama Pemerintah Daerah provinsi/kabupaten/kota melalui Dinas Kesehatan masing-masing melakukan upaya-upaya pembasmian terhadap berkembang biaknya nyamuk Aedes aegypty yang menjadi momok menakutkan masyarakat dari usia bayi, anak-anak, remaja, dewasa hingga orangtua.

Bagi konsumen yang ingin mendapatkan karbol serai wangi Kupu Hijau multi fungsi (pembersih toilet, pel lantai, kaca, meja, penghilang bau) dan multi manfaat (anti nyamuk, semut, serangga, kuman, bakteri, jamur) dari Rumah Produksi Aksi Alam Lestari, dapat datang langsung ke alamat Rumah Produksi Aksi Alam Lestari, Jalan K. H. Ahmad Dahlan, Gang Margosari, nomor 2 B, Kelurahan Sungai Bangkong, Kota Pontianak. Atau menghubungi nomor Hp WhatsApp : +62 895-6123-48491.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *