Suherman: PLUT-KUMKM Fokus Kerjasama Kemitraan Strategis

PONTIANAK- Untuk mencapai visi “Menjadi Pusat Layanan Terpadu yang Memampukan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah dalam Mengembangkan Potensi Unggulan Daerah”, Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Prov. Kalbar mengedepankan kerjasama dan sinergisitas dengan stakeholder strategis yang reputable.

Demikian dikemukakan Suherman, SE selaku Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, Kamis 2 Mei 2019, saat membuka Rapat Bulanan bersama para Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, di ruang rapat PLUT-KUMKM Prov. Kalbar.

Suherman mengingatkan,  sasaran program PLUT-KUMKM Prov. Kalbar sebagaimana yang diharapkan Pemerintah RI agar koperasi dan UKM Naik Kelas meliputi: Meningkatnya kualitas kelembagaan Koperasi dan UMK; Meningkatnya kompetensi sumber daya manusia Koperasi dan UMK; Meningkatnya produksi dan produktivitas usaha Koperasi dan UMK; Meningkatnya akses dan jangkauan pemasaran produk Koperasi dan UMK; Meningkatnya akses Koperasi dan UMK pada berbagai sumber pendanaan yang tidak mengikat; Meningkatnya kapasitas Koperasi dan UMK dalam memanfaatkan teknologi dan informasi; dan; Meluasnya jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga dan/atau pemangku kepentingan lainnya dalam pelaksanaan program pendampingan dan pemberdayaan lainnya bagi Koperasi dan UMK.

Menurut Suherman, pihaknya selama ini mencoba membuka kerjasama dengan pihak luar yang mempunyai program dan kegiatan yang sama untuk memberdayakan UMKM. Namun diakuinya, tidak semua pihak memahami bagaimana memulai tahapan kerjasama yang benar.  “Isu UMKM tidak mungkin diselesaikan secara sendiri. Perlu adanya kerjasama semua pihak,”ujar Suherman yang optimis semakin banyak stakeholder yang menyadari tidak bisa bekerja sendiri dalam menyejahterakan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *