Perkuat Pencitraan Produk Pro UMKM Kerjasama Dengan PLUT-KUMKM

PONTIANAK- Untuk lebih menjamin dan memberi kekuatan daya saing produk UMKM dalam hal desain produk, promosi produk dan hal-hal terkait pencitraan produk untuk sebesar-besarnya bagi kepuasan pelanggan dan meningkatkan omzet penjualan, Pro UMKM bersepakat mengadakan kerjasama dengan Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Provinsi Kalimantan Barat.

Demikian dikemukakan  Siswono selaku Co-Founder Pro UMKM Kalimantan Barat dan Suherman selaku Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Provinsi Kalimantan Barat, Kamis 2 Mei 2019, usai penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama, di Gedung PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, Jl. Sutan Syahrir No. 5 Pontianak.

Menurut Siswono, besar harapan PRO UMKM Prov. Kalbar agar kerjasama ini dapat sepenuhnya bermanfaat bagi peningkatan pendapatan UMKM setelah mendapat dampingan bersama ini.

Dijelaskan Siswono, Pro UMKM Kalbar mengelola www.umkmkalbar.id. Mempunyai visinya menjadi mitra terpadu untuk membantu UMKM di Provinsi Kalimantan Barat agar memiliki daya saing di tingkat nasional, terutama di bidang pengenalan, edukasi, dan pemasaran produk secara digital.

Sedangkan misi Pro UMKM Kalbar adalah: 1) Tumbuh berkembang bersama UMKM lokal Kalimantan Barat; 2) Membantu mempermudah akses pembeli ke produk UMKM terbaik Kalimantan Barat; 3) Meningkatkan daya tarik dan daya saing produk dan komoditi lokal Kalimantan Barat di tingkat nasional bahkan internasional.

“Tujuan Pro UMKM adalah sarana konsultasi dan wadah menjalin kerjasama berbagai UMKM di Provinsi Kalimantan Barat. Ditangani sebuah tim yang profesional dan berpengalaman dibidangnya untuk membangun komunitas UMKM Kalbar yang bonafit, bersaing, dan kompeten,”ujar Siswono.

Sementara itu Suherman menjelaskan maksud dan tujuan kerjasama ini adalah untuk melakukan serangkaian kegiatan pembinaan, pelatihan, pendampingan terkait produksi dan produktivitas, nilai tambah dan daya saing pada produk yang dihasilkan para UMKM.

Pihak Pro UMKM Kalbar akan melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para UMKM dengan menyediakan layanan konsultasi, fotografi, desain dan media promosi online dan cetak, pencitraan produk, menjadi wadah untuk berbagi produk UMKM Kalimantan Barat, layanan tanya jawab untuk para konsumen. Sedangkan PLUT-KUMKM Prov. Kalbar menyediakan tenaga konsultan pendamping untuk melakukan pembinaan, pelatihan, pendampingan dibidang pembiayaan, pemasaran, SDM, kelembagaan, produksi, pengembangan jaringan kerjasama, pengembangan IT.

Baik Siswono maupun Suherman mengemukakan pihaknya bersepakat pentingnya kerjasama ini untuk maksud dan tujuan menumbuh-kembangkan wirausaha mandiri kepada para UMKM. Kedua belah pihak  bersepakat untuk bersama-sama melakukan koordinasi dalam menyusun rencana kerja bersama untuk sebesar-besarnya memberi manfaat bagi bertumbuh-kembangnya UMKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *