Rakor UMKM: Saatnya Unggul di Pasar Domestik

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Cilacap melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Cilacap menyelenggarakan Rapat Koordinasi UMKM. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin, 22 April 2019. Dengan bertempat di Gedung PLUT, dihadiri oleh 50 peserta. Berasal dari para pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Cilacap. Dengan berbagai latar belakang usaha, baik industri olahan, perdagangan maupun jasa.

Acara yang memang sengaja disajikan untuk mengumpulkan UMKM di Cilacap. Guna berkoordinasi terkait layanan pendampingan pemerintah kabupaten Cilacap kepada para pelaku usaha. Selain itu juga sebagai sarana sosialisasi informasi terkait aneka kegiatan dan fasilitasi dari pemerintah Kabupaten Cilacap. Baik melalui DPKUKM maupun melalui PLUT. Selain itu juga, diharapkan ada umpan balik dari UMKM. Agar bisa menjadi masukan bagi program pengembangan wirausaha UMKM di Cilacap kedepannya.

Dalam sambutannya, Umar Said SE, MM selaku Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kabupaten Cilacap, menyampaikan rasa bangganya kepada para pelaku usaha. Karena dari merekalah perekonomian riil bisa terus berputar.

Disampaikan juga, bahwa dari data 13.439 UMKM binaan tahun 2018, baru 2.094 yang bisa terlayani dan terfasilitasi. Diantara 1.863-nya adalah usaha mikro. Harapannya dengan adanya rapat koordinasi ini, UMKM bisa lebih mengoptimalkan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah kabupaten Cilacap. Khususnya dengan adanya Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) agar bisa dimanfaatkan agar bagaimana UMKM bisa berdaya, dengan belajar maupun berkonsultasi dengan para konsultan pendamping.

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi program, terkait pendampingan dan fasilitasi bagi UMKM. Baik melalui DPKUKM maupun PLUT. Yang secara terperinci disampaikan oleh masing-masing konsultan pendamping sesuai bidang pendampingannya.

Perihal terbaru yang belum banyak diketahui oleh para pelaku usaha yaitu adanya perizinan usaha terpadu melalui OSS (Online Single Submission). Proses pengurusan perizinan sangat mudah, karena bisa diakses dari telepon selular android. Dan tidak perlu lagi meminta surat keterangan dari RT, RW maupun Kelurahan/ Desa.

Diantara program kegiatan yang dapat diakses kemanfaatannya oleh UMKM antara lain: Bantuan Sertifikasi Halal Produk UMKM, Kegiatan-kegiatan Bimbingan Teknis di PLUT, Pameran dalam rangka Hari Koperasi, Pendampingan inkubator bisnis, Galeri Produk dan Workshop packaging di PLUT.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *