PLUT-KUMKM Jajaki Kerjasama Dengan Perusda Aneka Usaha

PONTIANAK- Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik rencana kerjasama pembinaan dan pendampingan usaha kecil mikro (UKM) dengan Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Prov. Kalbar.

Rencana kerjasama dimaksud setelah melihat realisasi pembukaan kios-kios usaha kuliner prakarsa Perusda Aneka Usaha yang diberi nama “Foodcourt Store Aneka Rasa”, yang mendapat respon positif pengunjung di kawasan padat pemukiman dan perkantoran yang terletak di Jalan Sutan Abdurrahman Nomor 103, Kelurahan Sungai Bangkong, Kota Pontianak.

Demikian dikemukakan Suherman SE selaku Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, Kamis 18 April 2019, usai berdialog dengan Dr. Ir. Kristianus M. Si selaku Direktur Utama Perusda Aneka Usaha Prov. Kalbar.

Dalam kesempatan itu Kristianus memaparkan, bahwa sejak November 2017 lalu Gubernur Prov. Kalbar memberi kepercayaan dirinya bersama Sudarmo Bahari sebagai Direktur Administrasi dan Keuangan, dan Ali Asmadi sebagai Direktur Teknik dan Pemasaran. “Kepercayaan dan sekaligus amanah inilah yang kami jalankan dalam berbagai program kerja yang indikator kinerjanya adalah memberi manfaat bagi peningkatan pendapatan daerah dan sekaligus menciptakan lapangan kerja,”ujar Kristianus.

Antropolog lulusan Universiti Kebangsaan Malaysia  ini mengemukakan, pihaknya selain masih membenahi pekerjaan rumah “masa lalu” yang belum selesai, juga harus berpikir dan bekerja keras bagaimana menjadikan Perusda Aneka Usaha menjadi sebuah badan usaha yang tidak lagi stereotipe membebani anggaran daerah, tetapi sudah harus berani bertekad mandiri.

Sementara itu Suherman dalam kesempatan dialog itu mengemukakan pihaknya melihat ada keseriusan dari Perusda Aneka Usaha untuk membenahi manajemen konvensional menjadi manajemen yang berbasis pada kinerja hasil. “Terutama setelah melihat ada realisasi pembuatan kios-kios tempat bernaungnya para penggiat UKM kuliner yang sekaligus sebagai solusi jajanan dan kuliner sehat di kawasan padat Kotabaru, Kota Pontianak,”ujar Suherman.

Menurut Suherman, keberanian Perusda Aneka Usaha membuka kawasan kuliner terpadu semacam ini yang ditunggu masyarakat, sehingga baik UKM maupun konsumen sama-sama mendapat kepuasan dalam hal kenyamanan, keamanan, higienitas.

Oleh karena itu, ujar Suherman, untuk menjamin adanya jaminan usaha dan kepuasan pelanggan yang diprakarsai Perusda Aneka Usaha Prov. Kalbar ini, perlu ada dampingan dan pembinaan yang berkesinambungan kepada para UKM yang ada sehingga investasi yang sudah ditanamkan pihak Perusda Aneka Usaha dapat dipertanggungjawabkan keberlanjutannya.

Kristianus menambahkan, pihak Perusda Aneka Usaha memang sudah dalam agenda untuk merangkul stakeholder strategis yang reputable untuk secara bersama-sama mengembangkan usaha yang memberi manfaat bagi masyarakat Kalbar. “Semakin banyak pihak yang bekerjasama jauh lebih baik daripada bekerja sendiri,”ujar Kristianus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *