PLUT KUMKM PROVINSI SULAWESI TENGAH ADAKAN BIMTEK PENINGKATAN KUALITAS PENGOLAHAN COKELAT SULTENG

SULAWESI TENGAH,  (12 Maret 2019). BIMTEK kali ini membahas Peningkatan  Kualitas Pengolahan Cokelat di wilayah Sulteng. Adapun yang melatarbelakangi pengembangan produk cokelat di wilayah Sulawesi Tengah adalah:

1. Aspek Produksi

  • Menempati peringkat ketiga internasional setelah Ghana dan Pantai Gading
  • Peringkat pertama di Indonesia dengan hasil produksi +70%

2. Kerjasama dengan Kementrian Perindustrian Indonesia dalam program Pengembangan Hilirisasi Cokelat
3. Kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM, Kota Palu
4. Kerjasama dengan PLUT KUMKM Provinsi Sulawesi Tengah, dll

Kegiatan dilaksanakan di gedung PLUT KUMKM, kota Palu yang dihadiri oleh para pelaku UKM, kabid UMKM Dinas KUKM Daerah Provinsi Sulawesi Tengah bersama staff dan jajarannya,  Konsultan Pendamping PLUT yang siap memberikan layanan guna membantu mengembangkan usaha para pelaku UKM ke arah yang lebih baik lagi. Rumah Cokelat Sulteng adalah Suatu Unit Layanan IKM dalam pemenuhan kebutuhan dasar cokelat olahan dan tempat mengolah biji kakao fermentasi hasil produksi petani Sulawes Tengah menjadi cokelat asli Sulawesi Tengah. Adapun yang menjadi narasumber kegiatan adalah Ibu Fatima Iskandar dan juga merupakan Owner  Rapoviaka Simple.  Kegiatan berlangsung dengan lancar, mulai pukul 08:30 dan dilajutkan dengan peragaan tempering dengan metode table tempering yang adalah salah satu teknik atau cara penanganan cokelat untuk menghasilkan cokelat karakter yang baik dengan cara membentuk Kristal lemak kokoa yang stabil dalam jumlah yang cukup hingga selesainya kegiatan.

CISSMEsCO Sulteng

CIS SMEsCO Sulteng, merupakan suatu Lembaga bagian dari Struktur Organisasi Pemerintah Provinsi dan atau Kabupaten/Kota di bawah koordinasi Instansi yang membidangi Pembinaan Koperasi dan UKM di tingkat Provinsi atau Kabupaten/Kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *