Rapat Koordinasi dan Singkronisasi Kemitraan Usaha Rantai Nilai/ Pasok di Bali

BALI -  Dalam rangka penguatan rantai nilai/pasok dengan instansi terkait Kementerian Koperasi dan UKM RI yang dalam hal ini Asisten Deputi Pengembangan dan Penguatan Usaha melaksanakan kegiatan rapat kordinasi dan sinkronisasi kemitraan usaha yang diperkuat dalam rantai nilai/pasok dengan instansi terkait. Kegiatan berlangsung pada Jumat, 15 Pebruari 2019 mulai pukul 09.00 s/d 12.00 Wita di Aula Gedung PLUT – KUMKM Provinsi  Bali.
 Instansi yang dilibatkan dalam hal ini diantaranya Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, Dinas Perdagangan dan Perindustrian  Provinsi Bali, PT. Telkom wilayah Denpasar, Perusahan Daerah Provinsi Bali, Store Lotte Mart Bali, Carefour Bali, PT. Tiara Dewata, Mall Bali Galeria, Krisna Oleh – Oleh Khas Bali dan Pelaku Usaha.
Tujuan dan sasaran yang diharapkan dalam kegiatan ini diantaranya stakeholders, usaha besar dan pelaku usaha dapat memahami landasan hukum (undang -  undang dan PP) terkait UMKM dan kemitraan, menyamakan persepsi tentang rantai pasok / rantai nilai untuk membangun kemitraan, mengkoordinasi program kemitraan usaha rantai nilai pasok, menggali informasi data dari instansi terkait dan stakeholders tentang data KUMKM dan usaha besar yang sudah bermitra, mendapatkan gambaran mata rantai kemitraan yang telah terjalin antara KUMKM dengan usaha besar, menetapkan program kemitraan dalam rantai pasok di Provinsi Bali dan komitmen bersama untuk membangun program kemitraan KUMKM dan usaha besar di Provinsi Bali.
Semua pihak yang terlibat berantusias dalam kegiatan ini untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi di lapangan dan masukan serta saran yang dapat diberikan terkait implementasi penguatan  kemitraan usaha  rantai nilai/rantai pasok di wilayah Provinsi Bali. Harapan dari instansi, usaha besar dan pelaku usaha dapat bekerjasama antara pelaku usaha dengan usaha besar serta dapat terjalin dengan baik. Dengan ketentuan dan persyaratan yang disepakati oleh pelaku usaha dengan usaha besar tidak memberatkan satu sama lain serta dapat memfasilitasi produk – produk unggulan daerah dapat dipasarkan pada pasar modern.  Dengan masuknya produk unggulan yang dipasarkan pada pasar modern diharapkan pelaku usaha dapat menjadi naik kelas.
Bali merupakan salah satu daerah tujuan wisata terbaik di Indonesia. Tentunya didukung dengan jumlah kunjungan wisatawan ke Bali yang selalu meningkat dalam setiap tahunnya.  Selain didukung dengan panorama yang indah, Bali juga memiliki berbagai produk unggulan yang dijadikan mercendise yang dipasarkan pada pasar modern seperti Store Lotte Mart Bali, Carefour Bali, PT. Tiara Dewata, Mall Bali Galeria, Krisna Oleh – Oleh Khas Bali, dll. Adanya produk unggulan dari berbagai UMKM  di Bali, tentunya Kementerian Koperasi dan UKM RI menjadikan Bali sebagai pilot project dalam implementasi  penguatan  kemitraan usaha rantai nilai/rantai pasok di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *