SMKN 6 Pontianak Kerjasama dengan PLUT KUMKM Kalbar

PONTIANAK- Secara akademis kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6 (SMKN 6) Pontianak, telah berupaya optimal untuk mempersiapkan para lulusannya untuk siap masuk ke pasar kerja, namun untuk menjadi enterpreneurship sejati mereka perlu dibekali pengetahuan dan ketrampilan sebagai wirausaha pemula tentang bagaimana membangun usaha berbasis kompetensi keahlian jurusan Desain dan Produksi Kria Tekstil, Desain dan Produksi Kria Keramik, Desain dan Produksi Kria logam, Desain dan Produksi Kria Kayu dan Multimedia.

Untuk semakin memastikan agar para lulusan SMKN 6 Pontianak ini terserap di pasar kerja dan bahkan mampu menjadi wirausaha pemula yang tangguh dan percaya diri inilah yang melatarbelakangi dibangunnya kerjasama antara  SMKN 6 Pontianak dengan Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Prov. Kalbar.

Demikian dikemukakan, Drs. Rohmadi Suhariyanto selaku Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6, Kel. Siantan Hulu, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak   dan Suherman, SE  selaku Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, Senin 4 Februari 2019, usai penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama (Memorandum of Agreement) No: 800/029/KEPEG/2019 dan No: 05/PLUT-KUMKM/Kalbar/MoA-II/2019, di SMKN 6 Jl. 28 Oktober, Pontianak.

Sebagaimana diketahui, SMKN 6 Pontianak adalah lembaga pendidikan formal kejuruan yang memiliki kompetensi keahlian jurusan Desain dan Produksi Kria Tekstil, Desain dan Produksi Kria Keramik, Desain dan Produksi Kria logam, Desain dan Produksi Kria Kayu dan Multimedia.

Sedangkan PLUT-KUMKM Prov. Kalbar adalah lembaga yang memberikan pendampingan dan pemberdayaan lainnya kepada koperasi dan usaha kecil dan menengah secara komprehensif dan terpadu untuk meningkatkan produksi, produktivitas, nilai tambah dan daya saingnya.  Pendampingan PLUT-KUMKM adalah proses peningkatan produktivitas dan daya saing koperasi dan UMK melalui bimbingan konsultasi dan advokasi yang dilakukan oleh konsultan-konsultan pendamping sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Nomor: 02/KEP/DEP.4/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Program Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tahun 2018.

Adapun maksud dan tujuan kerjasama adalah para pihak sepakat untuk melakukan serangkaian kegiatan pembinaan, pelatihan, pendampingan terkait produksi dan produktivitas, nilai tambah dan daya saing pada produk yang dihasilkan para pelajar SMKN 6 Pontianak, baik yang masih duduk dibangku sekolah menuntut ilmu maupun kepada para alumni.

Rincian kerjasama dimaksud adalah dengan cara kedua belah pihak secara bersama-sama melakukan pendampingan dan pembinaan kepada para pelajar dan alumni terkait ilmu dan pengetahuan kewirausahaan minimal yang menyangkut pembinaan, pelatihan, pendampingan dibidang pemasaran, SDM, kelembagaan, produksi, pengembangan jaringan kerjasama, pengembangan IT dan pembiayaan.

“Intinya, kami bersepakat pentingnya kerjasama ini untuk maksud dan tujuan menumbuh-kembangkan minat wirausaha pemula dan wirausaha mandiri sedari dini kepada para pelajar sejak dibangku sekolah sesuai dengan pilihan kompetensi keahlian jurusan Desain dan Produksi Kria Tekstil, Desain dan Produksi Kria Keramik, Desain dan Produksi Kria logam, Desain dan Produksi Kria Kayu dan Multimedia, hingga pendampingan dan pembinaan dan pelatihan serta memonitor setelah mereka lulus nanti,”ujar Rohmadi Suhariyanto.

Sementara itu Suherman menuturkan, khusus setelah para pelajar ini nanti lulus SMKN 6, kami dari PLUT-KUMKM senantiasa membuka diri seluas-luasnya kepada alumni SMKN 6 untuk berkonsultasi terkait kesulitan-kesulitan yang dihadapi terkait pemasaran, SDM, kelembagaan, produksi, pengembangan jaringan kerjasama, pengembangan IT dan pembiayaan. “Intinya kami mau memperkecil resiko dan kesulitan yang dihadapi para wirausaha pemula dan mulai percaya diri untuk membangun sendiri usaha yang dirintisnya sesuai dengan kompetensi keahlian jurusan yang sudah ditekuni selama tiga tahun dibangku sekolah,”ujar Suherman.

Baik Drs. Rohmadi Suhariyanto selaku Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 6, Kel. Siantan Hulu, Kec. Pontianak Utara, Kota Pontianak   dan Suherman, SE  selaku Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, berharap agar para pelajar dan alumninya benar-benar memanfaatkan kerjasama ini untuk sebesar-besarnya bagi kepentingan pelajar dan alumni untuk siap masuk ke pasar kerja dan lebih baik lagi jika ada diantaranya dapat menjadi pencipta lapangan kerja bagi lingkungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *