IPEMI Kota Pontianak Sepakat Kerjasama Dengan PLUT-KUMKM Kalbar

PONTIANAK- Untuk memastikan ada kesinambungan program pembinaan, pelatihan dan pendampingan bagi para pengusaha dibidang usaha mikro, kecil dan menengah anggota Ikatan Pengusaha Muslimah  Indonesia (IPEMI) Kota Pontianak, bersepakat bekerjasama dengan Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Prov. Kalbar untuk menyukseskan program UMKM Naik Kelas.

Demikian  dikemukakan Nurhayati selaku Ketua IPEMI Kota Pontianak dan Suherman SE selaku Koordinator Konsultan PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, Rabu 30 Januari 2019, saat penandatanganan Nota Kesepakatan Kerjasama/Memorandum of Agreement, No: 06/PD-IPEMI/30/I/2019/PNK dan No: 07/PLUT-KUMKM/Kalbar/MoA-I/2019, di Gedung PLUT-KUMKM Prov. Kalbar, Jalan Sultan Syahrir No. 5, Pontianak.

Sebagaimana diketahui, IPEMI adalah sebuah organisasi kemasyarakatan yang dibentuk dan didirikan untuk meningkatkan peran dan kontribusi Pengusaha Muslimah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, menuju kemandirian ekonomi yang berkepribadian Indonesia dan berakhlakul karimah.

Dikemukakan Nurhayati, IPEMI Kota Pontianak memiliki kedudukan dan fungsi yang strategis, terutama untuk membantu pengembangan usaha-usaha para Muslimah, sehingga dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam pembangunan nasional serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk penguatan eknomi para Jamaah Pengajian maupun komunitas Islami lainnya. Keberhasilan pengusaha Muslimah, baik di tingkat daerah, nasional, maupun regional, diharapkan dapat menjadi inspirasi dan semangat bagi para Muslimah lainnya untuk terus mengembangkan usaha dan berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat berbasis ekonomi kerakyatan.

Sementara itu Suherman menjelaskan Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) Prov. Kalbar adalah lembaga yang memberikan pendampingan dan pemberdayaan lainnya kepada koperasi dan usaha kecil dan menengah secara komprehensif dan terpadu untuk meningkatkan produksi, produktivitas, nilai tambah dan daya saingnya.  Pendampingan PLUT-KUMKM adalah proses peningkatan produktivitas dan daya saing koperasi dan UMK melalui bimbingan konsultasi dan advokasi yang dilakukan oleh konsultan-konsultan pendamping sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, Nomor: 02/KEP/DEP.4/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Program Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Tahun 2018.

Dalam waktu dekat ini IPEMI Kota Pontianak dan PLUT-KUMKM Prov. Kalbar akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan pelatihan tepat guna kerajinan tali kur, anyaman akar keladi, membuat ketupat, membuat sabun dan kue bagi mereka yang terkategori calon wirausaha pemula.

Suherman berharap untuk tahap awal perlu registrasi dan validasi data, anggota IPEMI Kota Pontianak dengan PLUT-KUMKM Prov. Kalbar sehingga semua anggota yang telah diklasifikasikan usahanya mendapat pendampingan yang maksimal sesuai dengan masalah yang dihadapi dalam menjalankan usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *