Esterlina: Mengutamakan Produksi Dan Edukasi

PONTIANAK- Meskipun baru memasuki tahun ketiga dan boleh dikatakan sebagai pendatang baru yang muncul sebagai pengusaha Craft berbasis kain dan jahit menjahit, namun filosofi kerja yang dianut Rerejuna Craft tidak semata-mata menekankan produksi untuk mengejar keuntungan, tetapi juga mengutamakan edukasi kepada penggemar craft berbasis kain untuk mengenal, mencintai dan menekuni usaha craft kain kreasi sendiri.

Sejak tahun 2017, Rerejuna sudah mengadakan Workshop Kreasi Kain sebanyak 15 kali dengan metode “jemput bola”. Artinya, Rerejuna yang mendatangi peserta yang mau workshop sehingga memudahkan jangkauan khususnya bagi peserta.

Demikian dikemukakan Esterlina selaku Owner Rerejuna Craft, disela-sela kegiatan Workshop Kreasi Kain, Minggu, 27 Januari 2019, di Kafe Kemang, Jl. Reformasi, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.

Menurut Esterlina, ketika mulai produksi tahun 2016 pihaknya lebih banyak membuka wawasan dengan melihat di Internet dan sebaran informasi media sosial terkait tutorial sewing craft. Kemudian dimatangkan lagi dengan keberanian mencoba dan mencoba, serta berkreasi menimbulkan idea sendiri untuk mewujudkan hasil karya kreasi dan gagasan sendiri. Dengan memanfaatkan media sosial, sekejap respon pasar tercipta ditambah lagi dengan semakin meluasnya kenalan dan pertemanan kita di media sosial.

Menekuni craft kreasi kain yang bisa membuat aneka jenis dompet, pouch dan souvenir ini cukup dikerjakan di rumah, sehingga perhatian kepada keluarga tetap dapat tertangani. “Sedangkan untuk kegiatan Workshop Kreasi Kain lebih banyak dipilih waktu yang lowong bagi peserta-peserta kelompok itu sendiri seperti Sabtu atau Minggu atau hari-hari libur lainnya,”ujar Esterlina yang mempunyai dua orang anak Rere dan Juna yang dilekatkan menjadi gabungan nama Rerejuna Craft miliknya.

Bagi Esterlina, memberi nama Rerejuna pada usaha craft yang ditekuninya ini sekaligus menjadi motivasi tersendiri untuk bertekad menyukseskan keluarga dan usaha.

Dari sekitar 15 kali melakukan workshop Kreasi Kain, salah satu yang berkesan bagi Esterlina adalah ketika diundang komunitas perempuan asal jiran Malaysia yang berdomisili di Kota Pontianak. “Selesai beberapa kali pertemuan, saya mendapat hadiah berupa satu unit mesin jahit portable,”Ujar Esterlina yang bisa dihubungi melalui WA: 0813 5225 2213, facebook: esterlina77 atau instagram: ester_lina77.

Kini Rerejuna Craft semakin mantap memproduksi tas dan dompet berbahan dasar kain. Bahkan pihaknya memberi kesempatan kepada pelanggannya untuk memilih motif dan warna kain sendiri. “Dan yang tak kalah pentingnya, saya masih memberi kesempatan kepada siapapun yang mau belajar karena saya membuka kelas jahit atau sewing craft. Boleh private. Boleh kelompok,”ujar Esterlina yang bersyukur memiliki talenta yang patutlah dibagi-bagi kepada yang berminat.

Untuk memotivasi orang agar mau memulai craft kreasi kain salah satu pesan motivasi yang selalu disampaikan Esterlina kepada peserta Workshop Kain Craft adalah “satu hari Pasti Bisa.”

Rerejuna Craft adalah binaan bersama Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Prov. Kalbar dan Komunitas UMKM Talino Khatulistiwa yang mendorong setiap pengusaha UMKM Naik Kelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *