Micro Business Simulation #9

CIS Cilacap, kembali bekerjasama dengan Bank Jateng melaksanakan kegiatan Pelatihan Simulasi Usaha Mikro (Micro Business Simulation). Diselenggarakan di Gedung PLUT Cilacap pada hari Kamis – Jum’at tanggal 27-28 Desember 2018. Sebanyak 12 peserta mengikuti kegiatan tersebut dari pelaku usaha mikro di Cilacap dengan beragam latar belakang usaha.

Sebagai wujud pembinaan dan pengembangan terhadap UMKM, acara sinergitas tersebut digelar untuk melatih para pelaku UMKM Cilacap untuk menjalankan usahanya dengan cara yang lebih sistematis. Tak lupa, konsultan PLUT memberikan sedikit motivasi kepada para peserta. Agar bisa mengikuti kegiatan dengan tertib dan lancar, serta mengikuti petunjuk tutor dari Bank Jateng Cilacap.

Di hari pertama peserta dibagi menjadi tiga kelompok. Sesi awal, peserta belajar terkait perencanaan usaha dan kelayakan usaha. Tujuannya, agar pelaku usaha mempunyai arah dalam menjalankan usahanya. Mau dikembangkan seperti apa dan sejauh mana. Selanjutnya, perencanaan tersebut bisa pula dikembangkan untuk rencana pengajuan tambahan modal, khususnya ke Bank Jateng.

Kemudian ditekankan pula pada aspek perencanaan untuk meningkatkan  pemasaran produk/ jasa dari para UMKM. Peserta diharapkan mampu untuk melihat/ menganalisa peluang potensi pemasaran, baik dari hal target pasar maupun cakupan pasar.

Hari kedua, peserta berkelompok sebagaimana hari pertama. Selanjutnya diajarkan tentang pengelolaan keuangan usaha, sekaligus praktek mengelola keuangan dengan pembagian pos-pos keakuntansian. Beberapa masih gamang untuk melakukan swakelola keuangan usaha. Sebab, jarang diantara mereka yang benar-benar sudah mengelola keuangan secara terpisah dengan keuangan untuk kebutuhan pribadi.

Pedoman pencatatan transaksi, sampai bagaimana menentukan laba yang diinginkan, menjadi momok. Masih berasa aneh, ternyata laba keuntungan bisa ditentukan, berapa besarnya dan kapan akan dicapai.

Diharapkan dengan pelatihan simulasi mengelola usaha mikro ini, para pelaku UMKM bisa menerapkan ilmu yang didapat dalam menjalankan dan mengembangkan usaha yang dimilikinya.[fz]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *