Sosialisasi Sistem Akuntansi Keuangan Entitas MKM

PONTIANAK- Meskipun standar akuntansi keuangan (SAK) sudah dikeluarkan November 2016, namun penerapannya mulai 1 Januari 2018 dan itupun baru sebatas anjuran. Oleh karena itu dalam kegiatan sosialisasi betapa pentingnya standar akuntansi keuangan bagi UMKM ini Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura senantiasa terdepan untuk memberikan pemahaman agar proses kegiatan para UMKM sesuai dengan ketentuan yang ada.

Demikian dikemukakan Dr. Muhsin, SE, MSi, Ak, selaku  Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura dihadapan 30 penggiat UMKM binaan PLUT-KUMKM Prov. Kalbar di Gedung PLUT-KUMKM, Jl. Sultan Syahrir No. 5, Pontianak, Rabu 21 November 2018.  Didampingi anggota tim Handi Brata, SE, MCom, Nina F. Dosinta, SE, MSi, Ak, Nur Fitriana Hamsyi, SE, MM.

Sosialisasi yang kedua dilingkungan PLUT-KUMKM Kalbar ini, menurut Muhsin, setelah mengevaluasi efektivitas dan efisiensi sosialisasi yang pertama bulan September lalu yang disampaikan oleh tim yang berbeda.

Sehubungan dengan materi sosialisasi sistem akuntansi keuangan entitas MKM, sebagaimana disampaikan Handi Brata, adalah ditujukan bagi mereka yang diatur dalam UU Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Apalagi amanah Undang-Undang No 1 Tahun 2013 pasal 29 ayat 1 tentang Lembaga Keuangan Mikro mensyaratkan agar lembaga keuangan mikro melakukan dan memelihara pencatatan dan/atau pembukuan keuangan yang sesuai dengan SAK yang berlaku.

Secara terpisah Suherman SE selaku koordinator PLUT-KUMKM Kalbar mengemukakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya sosialisasi Sistem Akuntansi Keuangan Entitas MKM ini, dan bagi penggiat UMKM sendiri kelihatannya memang perlu pendampingan dalam pembuatan laporan posisi keuangan yang memenuhi klasifikasi yang dipersyaratkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *