Bank Jateng Kebumen menggandeng kembali PLUT KUMKM Kebumen dalam pelatihan Simulasi Bisnis Bagi Usaha Mikro

KEBUMEN- Kepala Bidang Usaha Mikro dan Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja dan KUKM Kab. Kebumen Akhmad Sudiyono membuka kegiatan pelatihan simulasi bisnis mikro UMKM (Micro Business Simulation) yang merupakan kerjasama antara PLUT KUMKM Kebumen dengan BPD Bank Jateng Kebumen tanggal 22-23 November  2018 di lt. 2 PLUT KUMKM Kabupaten Kebumen, diikuti 11 Pelaku UMKM se- Kabupaten Kebumen.

Kegiatan selama dua hari tersebut berbentuk pelatihan manajemen keuangan berupa simulasi/praktek dalam perhitungan keuangan usaha dengan tools dari Jerman dengan peralatan yang digunakan berupa buku panduan, selembar kertas besar untuk perhitungan, dan koin yaitu biasa di sebut cuila, diharapkan praktek simulasi ini bisa memberi pemahaman bagi UMKM pentingnya keuangan usaha dan pemisahan keuangan pribadi dan keuangan usaha.” Kata Akhmad Sudiyono.

 “Sinergitas antara PLUT-KUMKM dengan BPD Bank Jateng Kebumen dalam menyelenggarakan kegiatan seperti ini sejak akhir tahun 2016 ( 2 tahun) dengan penandatangan MoU antara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan KUKM Kabupaten Kebumen dengan Pimpinan BPD Bank Jateng Cabang Kebumen. Hal ini sebagai upaya Dinas untuk menggandeng perbankan dan mengenalkan keberadaan PLUT KUMKM Kebumen bagi pelaku UMKM pada khusunya dan masyarakat Kebumen pada umumnya.” Ujar Akhmad Sudiyono.

Mohammad Yasin Narasumber Micro Simulation Bisnis dari BPD Bank Jateng Provinsi Jawa Tengah menyampaikan saya melatih pelaku UMKM di Kebumen sejak tahun 2017 dan sudah ada sekitar 100 UMKM di wilayah Kebumen. Pada tahun ini saya sudah melatih sebanyak 20 angkatan di wilayah Kedu Provinsi Jawa Tengah termasuk Kebumen” ucap M. Yasin.

Materi yang kami sampaikan ada 8 babak selama dua hari.  Setiap harinya dua babak simulasi dipraktekkan. Simulasi ini dibuat secara berkelompok dimana setiap kelompok ada 4 peserta dan semuanya berjumlah tiga kelompok. Materi yang diajarkan merupakan adopsi materi dari Bank Daerah Jerman yaitu Finanz Gruppe yang telah disesuaikan dengan kondisi dan culture Pelaku Usaha di Jawa Tengah, dimana materi tentang perhitungan keuangan usaha meliputi pencatatan transaksi, perhitungan laba rugi dan perhitungan perubahan modal. “ujar M. Yasin.

“Sinergitas yang terjalin antara BPD Bank Jateng Kebumen dengan PLUT KUMKM Kebumen sangat baik dan bisa dicontoh oleh daerah lain karena sudah menjalin kerjasama selama kurang lebih dua tahun. Peserta merupakan binaan dari PLUT Kebumen. Kami mengalami kesulitan kerjasama melaksanakan kegiatan MBS jika di suatu daerah tidak terdapat PLUT”. Ucap Yasin. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *