Pelatihan dan Pemberdayaan UMKM Cilacap bersama BPJS Ketenagakerjaan

CIS Cilacap-- Gandeng BPJS Ketenagakerjaan Cilacap, Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Cilacap melalui PLUT adakan Kegiatan Pelatihan dan Pemberdayaan Sektor UMKM di Kabupaten Cilacap. Pelaksanaan bertempat di Gedung PLUT Cilacap. Pada hari Senin, 19 November 2018, diikuti oleh 100 pelaku usaha terdiri dari 80 dari klaster olahan hasil laut dan 20 dari klaster pariwisata.

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan bimbingan dan pengetahuan terkait pengelolaan usaha sebagai corporate social responsibility dari BPJS Ketenagakerjaan. sekaligus memberikan pemahaman dan kesadaran terhadap pelaku usaha tentang perlindungan terhadap diri pelaku usaha dan pekerjanya terkait jaminan dan santunan yang bisa didapatkan jika terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua klaster olahan ikan menyampaikan kisah suksesnya

Pada sambutannya, Dian Arinda Murni, SH, MM Kepala DPKUKM Kabupaten Cilacap. Mengutarakan bahwa pelaku UMKM di Cilacap yang berjumlah banyak, selama ini hanya mengenal BPJS Kesehatan. Selama dalam menjalankan usaha juga belum memperhatikan kesejahteraan karyawannya, dalam artian pekerjanya belum terlindungi dari segi jaminan sosialnya saat menjalankan pekerjaannya.

“Pelaku usaha hendaknya lebih kreatif dan inovatif, tidak sekedar mengikut trend yang sedang ramai. Semisal, saat ini Cilacap sedang laris-larisnya Sambal Kecombrang. Bukan berarti terus semua membuat produk yang sama. Dengan difasilitasinya pelaku usaha dalam berbagai kegiatan semisal temu usaha, bimbingan dan pelatihan, pameran, kunjungan/ studi banding diharapkan akan adanya penyerapan ilmu dan pengetahuan yang bisa digunakan untuk mengembangkan usahanya.” Imbuh beliau.

Pada acara tersebut selain diberikan materi pemahaman tentang BPJS Ketenagakerjaan. Peserta mendapatkan penuturan succes story dari Nurochman, SE Ketua klaster olahan hasil laut. Tentang perjalanannya menjadi pengusaha aneka olahan ikan, yang berawal dengan berkarier sebagai karyawan KUD Mino Saroyo.

Selain itu juga mendapatkan materi dari Anisha Dian Iswahyuni, M.Sc. Konsultan PLUT Bidang Produksi terkait Standar Produksi, Kemasan dan pentingnya Merek Dagang (brand).

Peserta juga diberikan motivasi kewirausahaan oleh Sahid Hidayat, SIP. Pengelola PLUT Cilacap sekaligus Kepala Seksi Pemberdayaan Fasilitasi Usaha Mikro dan Kewirausahaan DPKUKM Kabupaten Cilacap. Diharapkan agar pelaku usaha bisa tetap semangat menjalankan usahanya, gigih dan pantang menyerah. Hingga pada akhirnya bisa terwujud UMKM Naik Kelas.[fz]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *