BAZAR UMKM NAIK KELAS PLUT KUMKM KEBUMEN

KEBUMEN - Wakil Bupati Kebumen Yazid Mahfudz, membuka Bazar UMKM Naik Kelas di PLUT KUMKM Kab. Kebumen, Jumat (9/11). Sebanyak 90 Stand UMKM yang terdiri dari kuliner, kerajinan, makanan,minuman dsb, dipamerkan pada ajang yang baru pertama kali digelar di PLUT KUMKM Kabupaten Kebumen itu. Bazar dilaksanakan mulai Hari Jumat sd Minggu, 9 sd 11 November 2018.

Hadir pada pembukaan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tri Haryono, Kadinas Tenaga Kerja dan KUKM Dwi Suliyanto, Kepala OPD se- Kebumen, Camat se- Kebumen, Ketua TP. PKK Kecamatan, Kepala Desa di Lingkungan PLUT Kebumen serta pelaku UMKM.

Yazid Mahfudz, mengatakan Bazar UMKM Naik Kelas tersebut digelar salah satunya memperingati Hari Pahlawan yang jatuh Tanggal 10 November serta sebagai semangat UMKM di Kebumen dalam menggeliatkan ekonomi di Kebumen.” Imbuhnya.

Peran UMKM sebagai ujung tombak ekonomi kerakyatan sehingga aktivitas ekonomi terus berjalan dan tidak terpengaruh dengan inflasi. Oleh sebab itu gelora pelaku UMKM harus terus didukung dan ditegakkan salah satunya dengan kegiatan Bazar UMKM ini.

"Untuk itu kegiatan Bazar UMKM semacam ini harus kita dorong agar Kabupaten Kebumen, terutama pelaku UMKM dapat mempromosikan diri dan memperkenalkan produk ke masyarakat luas," ujarnya.

Dalam Kesempatan lain, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan KUKM, Dwi Suliyanto mengatakan bahwa program kegiatan bazar UMKM Naik Kelas merupakan Kegiatan Dinas dengan didukung oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah dan berlokasi di PLUT KUMKM Kebumen. Dalam Kegiatan ini juga kami sampaikan bahwa ada pemberian sertifikat halal bagi UMKM sebanyak 15 orang dan bantuan alat pengepres bagi TP. PKK Kecamatan. Di sisi lain kegiatan Bazar UMKM Naik Kelas dapat dilaksanakan setiap satu tahun sekali agar geliat UMKM Kebumen terus tercipta. “ujarnya.

"UMKM juga harus aktif dengan Dinas dan PLUT agar terus mendapat informasi seputar UMKM seperti halnya temu bisnis, pelatihan-pelatihan, magang UMKM dsb. “imbuhnya. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *