STUDY BANDING DAN PENINGKATAN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA MASYARAKAT DESA KARANGMOJO KECAMATAN BALONG KABUPATEN PONOROGO KE PLUT KUMKM PACITAN

Kepala Desa Karangmojo disambut Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi

PACITAN-Dalam rangka meningkatkan kapasitas masyarakat desanya dalam berwirausaha, Pemerintah Desa Karangmojo Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo bersama masyarakat melakukan studi banding ke PLUT KUMKM Pacitan. Kunjungan rombongan Desa Karangmojo diterima di Gedung PLUT KUMKM Pacitan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi, Pimpinan PLUT-KUMKM Pacitan, dan 5 (lima) Konsultan Pendamping pada Sabtu (27/10).

Peserta antusias menyimak paparan para narasumber

Kegiatan diawali sambutan Abdul Basir, S.Sos, MM. selaku Kepala Bidang Pemberdayaan Koperasi, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Dalam sambutannya, Basir menyampaikan gambaran umum layanan di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro termasuk layanan PLUT-KUMKM di dalamnya.

Untuk pemberdayaan koperasi dan usaha mikro di Kabupaten Pacitan, kami ada beberapa fasilitasi seperti UPT Dana Bergulir untuk permodalan, UPT Balai Latihan Kerja untuk skill masyarakat dan PLUT-KUMKM untuk layanan non-finansial melalui pendampingan yang dilakukan oleh para konsultan pendamping”.

Lebih lanjut, Lilik Wiji Astuti, SE., MM. selaku Pimpinan PLUT-KUMKM Pacitan yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, “PLUT-KUMKM adalah lembaga yang menyediakan jasa non- finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM) meningkatkan (1) kinerja  produksi, (2) kinerja pemasaran, (3) akses ke pembiayaan , (4) pengembangan SDM melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis dan manajerial, serta (5) kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM.

“Selain itu, sebagai rangkaian keperantaraan pasar di PLUT KUMKM Pacitan lagi dilaksanakan inkubasi bisnis terhadap 8 UMKM hasil kurasi bekerjasama dengan KOMPAK melalui PT. Usaha Desa”

Sementara itu, Widi Purwito, Kepala Desa Karangmojo menyampaikan bahwa kehadiraannya bersama perangkat dan perwakilan masyarakat di PLUT-KUMKM Pacitan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM khususnya dalam bidang kewirausahaan sehingga mampu menambah income masyarakat.

Ketika ditanya, kenapa harus ke PLUT-KUMKM Pacitan? Widi menegaskan, “Karena sementara ini, kami melihat Pacitan ini memiliki perkembangan UMKM yang cukup pesat, sehingga harapan kami masyarakat Desa Karangmojo akan dapat belajar dan mampu meningkatkan kapasitasnya untuk lebih baik lagi

Smita Menyampaikan Paparan Strategi Pemasaran UMKM

Setelah acara sambutan resmi selesai dilakukan, giliran Smita Catur Sudyantara, MM salah satu konsultan pendamping menyampaikan paparan materi terkait pemasaran produk UMKM. Dalam paparannya, Smita mengkonstruksikan bauran pemasaran yang dikenal dengan 4P, yaitu product, price, place, dan promotion. Melalui pemahaman bauran pemasaran ini, para pelaku UMKM dapat menjalankan  strategi pemasaran yang dapat menentukan kesuksessan usahanya dalam mengejar maximal profit atau keuntungan yang maksimal. Yaitu dengan cara meningkatkan jumlah pelanggan dan meningatkan hasil penjualan karena menggunakan semua alat- alat pemasaran dalam sebuah perusahaan.

Arik, pelaku UMKM Fadhil Jaya menyampaikan proses olahan produknya

Pada sesi akhir, Arik Nurhadiyanto, pelaku UMKM Pacitan dengan merek Aryunfa, dibawah produsen Fadhil Jaya yang bergerak pada pengembangan usaha ceriping pisang dengan lapisan coklat, strawberry dan keju memberikan praktek langsung cara pengolahan usahanya. Peserta yang terdiri dari masyarakat Desa Karangmojo ini sangat antusias, terbukti terjadi tanya jawab mulai dari proses awal sampai akhir.

Suasana di mini bazar dalam rangka studi banding masyarakat Desa Karangmojo, balong, Ponorogo

Selain paparan materi peningkatan kapasitas, juga disediakan mini bazar yang diisi oleh produk dari 8 UMKM hasil kurasi pada Expo PLUT 2018 silam. Tidak menunggu lama, banyak produk yang ludes terjual. Selanjutnya, rombongan studi banding pimpinan Kepala Desa Widi Purwito ini menuju Pusat olahan UMKM di seputaran tempat wisata Pantai Telengria sekaligus memanjakan diri dengan alam indah Pacitan yang terkenal dengan Pacitan Paradise of Java. **(CTR)**

Catur Wahyono CIS Pacitan

Dalam proses pencarian aku menetapkan hidupku di dunia Ekonomi-Sosial-Politik (esospol). Penguatan ekonomi bagi diri, keluarga dan masyarakat, penguatan sosial kehidupan bermasyarakat dan memiliki pengaruh dalam perubahan perpolitikan kekinian. Nonton film, membaca dan memasak adalah aktifitas disela-sela belajar kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *