20 UMKM Binaan CIS-Riau ikuti Workshop Kewirausahaan Melalui Strategi Bisnis Model Canvas (BMC)

poto bersama, peserta Kepala UPT dan narasumber

Pekanbaru, (Cis_Riau)

Setiap bisnis baru atau pengembangan bisnis membutuhkan penanaman modal yang disesuaikan dengan tujuan bisnis dan bentuk badan bisnisnya. Salah satu tujuan didirikannya bisnis adalah mencarilaba/keuntungan, dalam arti seluruh aktivitas ditujukan untuk mencari keuntungan bagi bisnis yang didirikan.

Untuk meningkatkan kualitas SDM UMKM binaan, CIS Riau melaksanakan bimbingan teknis “Workshop Kewirausahaan Melalui Strategi BMC ( Business Model Canvas)” pada selasa (16 Oktober 2018) di kantor UPT PLUT-KUMKM Provinsi Riau.

Workshop  ini dihadiri oleh 20 UMKM yang mengalami kesulitan dalam penyusunan perencanaan bisnis. Acara tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bapak As’ari SH selaku Kepala UPT di PLUT-KUMKM Provinsi Riau dan untuk melatih para peserta diberdayakan dari Konsultan Pendamping Bidang SDM sebgai narasumber dan dibantu oleh tim konsultan bidang lainnya dalam pelaksanaan.

Dalam pembukaannya, As’ari menyampaikan bahwa UMKM harus mampu mamanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) untuk menigkatkan kualitas usahanya baik secara kuantitas maupun secara kualitas, PLUT merupakan rumah sakit untuk rumah sakit bagi para UMKM yang mengalami permasalahan dalam menjalankan usahanya. Program ini dirintis dan dikembangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM Riau yang ada tersebar di beberapa titik di Indonesia papar Kepala UPT tersebut.

Selama Workshop ini berlangsung, Eka Putra sebagai narusumber melakukan sharing dan memandu para peserta dalam membuat Bisnis Model Canvas dari usaha yang mereka jalankan. Dengan menerapkan pola belajar manajamen partisipatif, acara ini lebih efektif dan para peserta dapat menyerap materi yang disampaikan dan dapat menyusun model bisnis usaha yang mereka jalankan.

Selanjutnya, menurut pemaparan dari Eka Putra adapun tujuan dilaksanakan Workshop  ini peserta dapat memetakan Jenis usaha apa yang mempunyai Potensi dan mengetahui Permasalahan Kewirausahaan. Melalui bimtek ini diharapkan UMKM yang mengikuti acara ini dapat memafaatkan BMC sebagai dasar dalam penyusunan Bisnis Plan, tuturnya. (Eka Putra /cis-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *