PLUT Kota Bima melakukan Study Banding ke Plut Batu

KOTA BIMA - 15 Oktober 2019
Jajaran konsultan PLUT Kota Bima, beberapa hari lalu berkunjung ke PLUT Kota Batu. Kunjungan itu dilakukan dalam rangka mempelajari peningkatan mutu dan kualitas UMKM.
Konsultan bidang produksi PLUT Kota Bima Lyla Surahmawati SE mengatakan, dari hasil kunjungan tersebut ada banyak ilmu yang didapat. Mulai dari sistem pelayanan hingga pola komunikasi dengan UMKM.
“Kami juga belajar seperti apa sistem pembinaan PLUT terhadap UKM hingga mampu bertahan dalam setiap kondisi”.
Kata dia, apa yang dilakukan PLUT Batu itu mesti diterapkan di kota. Karena pembinaan yang dilakukan langung bekerjasama dengan pemodal.
Sehingga pengawasan yang dilakukan bukanhanya dari sisi produksi tapi keuangan juga. Sehingga ketika terjadi kesalahan bisa cepat dilakukan antisipasi.
“Ilmu yang kami dapat ini tidak semua bisa diterapkan. Tapi setidaknya hal positif yang kami depat akan diterapkan”.
Dia berharap dengan apa yang didapat ini nantinya bisa memajukan UKM di kota. Sehingga taraf ekonomi warga bisa terus naik.
Para Konsultan Plut Kota Bima diterima langsung oleh Pimpinan PLUT Kota Batu Andry Yunanto dan juga para konsultan PLUT KoTa Batu diantaranya pak Rianto bid produksi dan Mashudi bid kelembagaan, para konsultan bisa saling berbagi pengalaman.
Pimpinan Plut Kota Batu menyampaikan "Terimakasih kepada tenaga pendamping plut Kota Bima yg jauh2 sudah melakukan study banding, pendampingan umkm di plut kota Batu. Hal ini adalah hal yg positif,bisa berbagai dan saling sharing pengalaman dan strategi pendampingan antar plut, sehingga nantinya diharapkan dpt dijadikan masukan utk peningkatan pelayanan pendampingan umkm di daerah masing-masing. Ke depan diharapkan kerjasama antar plut ini tdk hanya study banding pendampingan, tetapi bisa terjalin kerjasama b to b antar plut yang mungkin bs difasilitasi oleh kementrian". tegasnya. (Puji)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *