Kebumen Kembangkan Wirausaha Pemula dibidang Olahan Batok

Kebumen- sebanyak 25 calon wirausaha difasilitasi pelatihan olahan batok oleh Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kebumen. Kegiatan ini melibatkan lima (5) desa di wilayah Kecamatan Rowokele. Adapun peserta terdiri dari Desa Rowokele, Desa Pringtutul, Desa Bumiagung, Desa Jatiluhur dan Desa Kretek. Lokasi pelatihan ini di Desa Pringtutul. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Rabu (26/9) dan Kamis (27/9).

Kegiatan  selama dua hari ini terdiri dari hari pertama praktek membuat gantungan kunci dan dilanjut hari kedua berkunjung/study lapangan ke Kabupaten Magelang. Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan calon wirausaha baru dibidang olahan kelapa di wilayah Kecamatan Rowokele “ Kata Hadi Yuwono selaku Kasi Pemberdayaan UMKM.

Hadi Yuwono, juga menambahkan bahwa kegiatan ini telah tersusun dan dianggarkan dalam DPA Dinas Tenaga Kerja dan Koperasi dan UKM Kab. Kebumen pada tahun 2017 dan pelaksanaannya tahun 2018 ini. “tegasnya.

Akhmad Sudiyono, Kabid Usaha Mikro dan Hubungan Industrial dalam sambutannya menyampaikan bahwa program penumbuhan wirausaha baru di fokuskan di wilayah yang banyak tersedia potensi bahan baku tapi sumber daya manusia belum optimal. Seperti saat ini di Kecamatan Rowokele banyak olahan kelapa berupa batok yang belum tergarap secara serius dan perlu adanya sinergitas antara pemerintah desa dan calon pelaku usaha untuk menggarap potensi batok kelapa agar mempunyai nilai jual lebih. Apalagi Kecamatan Rowokele berdekatan dengan wisata pantai yang sangat potensial untuk dikolaborasikan dan dapat mendatangkan devisa daerah. “imbuhnya.

Zaenal Mustofa selaku narasumber memaparkan bahwa potensi yang melimpah perlu di garap dengan serius dan dikolaborasikan dengan pemerintah desa semoga produk batok kelapa menjadi kerajinan seperti gantungan kunci, lukisan dan kami siap membantu pemasarannya. “tuturnya. (ags)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *