UNS Berikan SMEs Awards 2018

Universitas Sebelas Maret sebagai salah satu perguruan tinggi yang fokus terhadap pengembangan UMKM, kembali menggelar event tahunan 7th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS 2018. Event tahunan ini diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya memberdayakan UMKM. Sebagai rangkaian kegiatan 7th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS diselenggarakan beberapa kegiatan yaitu pameran produk UMKM dampingan dari nominator UNS Summit Award, berbagai Lomba, dan Seminar International Conference on Small And Medium Enterprise Empowerment (ICSMEE) dengan tema “Enhancing Small Medium Enterprise Competitiveness Based on Creative Economy in Innovation Disruptions” dan sebagai puncak kegiatan adalah Malam Penganugerahan Award kepada pemenang.
Rektor UNS, Prof Ravik Karsidi mengatakan, event tahunan ini diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya dalam memberdayakan UMKM. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman pemberdayaan UMKM baik dalam aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM. Melalui kegiatan ini juga menjadi sarana untuk membangun kerjasama dan sinergitas para pemangku kepentingan (lembaga pemerintah, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dan LSM) dalam pemberdayaan UMKM, terang Ravik
Sementara itu Ketua PSP-KUMKM LPPM UNS, sekaligus ketua penyelenggara Dr Heru Irianto menambahkan, dalam penganugerahan 7th UNS SMEs Summit and Awards 2018 terseleksi 11 kategori untuk lembaga dan 1 untuk perorangan.
Secara terperinci, penyelenggaraan 7th UNS SME’s SUMMIT & AWARDS 2018 dimaksudkan untuk:
1. Memberi penghargaan kepada pemerhati UMKM baik lembaga maupun perorangan atas perannya dalam pemberdayaan UMKM.
2. Mendesiminasikan hasil kajian, pengetahuan maupun pengalaman pemberdayaan UMKM baik dalam aspek sosial ekonomi maupun teknologi dari pemangku kebijakan, peneliti dan pengabdi maupun praktisi untuk direkomendasikan sebagai arahan dan strategi pemberdayaan UMKM
3. Membangun kerjasama sinergitas para pemangku kepentingan (lembaga pemerintah, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dan LSM) dalam pemberdayaan UMKM.
Adapun rangkaian kegiatannya adalah :
1. Pameran Produk UMKM
Pameran Produk UMKM yang diselenggarakan pada tanggal 10-12 Oktober 2018 di Gedung Auditorium UNS. Peserta stand yang mengikuti pameran ini adalah UMKM dampingan instansi/perusahaan yang telah fokus dalam pengembangan UMKM melalui program PK-BL/CSR dan UMKM Binaan PSP KUMKM UNS. Pameran produk UMKM ini diramaikan oleh Lomba Dance Gemu Mamire dan live music.

2. Seminar International Conference on Small And Medium Enterprise Empowerment (ICSMEE)
Seminar internasional diselenggarakan pada tanggal 11 Oktober 2018 di UNS Inn. Adapun tema seminar internasional adalah “Enhancing Small Medium Enterprise Competitiveness Based on Creative Economy in Innovation Disruptions”. Seminar internasional ini dibuka langsung oleh Rektor UNS (Bapak Prof. Dr. Ravik Karsidi, MS) dengan keynote speaker yaitu Ketua Badan Ekonomi Kreatif. Adapun pemakalah utama dalam seminar ini antara lain :
1) Prof. Ishak Bin Yussof (Ketua ICD UKM Malaysia) dengan topik “The Connectivity between University and Industry in Disruption Era”
2) Dr. Tai Wan Ping (Cheng Shiu University) dengan topik “Taiwan SME in Southeast Asia: Characteristics and Transformation”
3) Assoc.Prof. Warapon Boonsupthip, Department of Food Science and Technology, Kasetsart Univesity, Thailand dengan topik “Innovation for SME’s”
4) Retno Tanding S, SE.,M.E,Ph.D (UNS-Indonesia) dengan topik “Marketing and Innovation of SME Product is Disruption Era”
Selain keynote speaker dan pemakalah utama, dalam seminar ini juga akan dilakukan forum presentasi hasil penelitian yang dilakukan oleh peserta seminar (pemakalah) dari berbagai perguruan tinggi.
3. Talkshow UMKM Naik Kelas
Kegiatan ini diselenggarakan 12 Oktober 2018 di Auditorium UNS. Kegiatan ini merupakan media sharing ilmu dan pengalaman sukses UMKM Binaan PSP KUMKM. Dalam kegiatan ini akan menghadirkan 3 pemilik UMKM binaan yang sukses dalam membangun usaha untuk membagi kisah sukses dan pengalaman dalam merintis, mengatasi masalah dan strategi dalam mengembangkan usaha yang dijalankan.
4. Penganugrahan Pemerhati UMKM (perorangan maupun lembaga)
Penganugerahan Awards ini diselenggarakan pada tanggal 13 Oktober 2018. Penganugerahan ini terselenggara atas kerjasama antara PSP-KUMKM LPPM UNS, Kementerian Koperasi dan UKM RI dan ABDSI. Dalam penganugerahan 7th UNS SME’s Summit and Awards 2018 terseleksi 11 kategori yaitu :
1) Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik
2) Pengelola Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Pengembang UMKM Terbaik,
3) Perusahaan Swasta Aneka Tambang Pelaksana CSR Pengembang UMKM Terbaik,
4) BUMN Pertambangan (Minyak dan Gas) Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik Berbasis Zero Waste
5) BUMN Pertambangan (Minyak dan Gas) Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik Berbasis Ekonomi Kreatif
6) Perusahaan Swasta Peternakan Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik
7) Perusahaan Swasta Convenience Good Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik
8) Perusahaan BUMN Transportasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik
9) Perusahaan BUMN Industri Transportasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik
10) Perusahaan BUMN telekomunikasi Pelaksana PK-BL Pengembang UMKM Terbaik
11) Perorangan Peduli Pengembangan UMKM Terbaik “ Dharmabakti Adikarya Baraya Nugraha”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *