Mari Sukseskan Kompetisi CMA 2018 – 2019

PONTIANAK- Untuk menyukseskan Kompetisi Citi Microentrepreneurship Awards (CMA),  Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Prov. Kalbar mengajak penggiat UMKM se-Kalbar untuk berpartisipasi dalam kompetisi tersebut. Bahkan PLUT-KUMKM Kalbar bersedia memfasilitasi dan mendampingi penggiat usaha mikro yang berminat untuk ikut dalam kompetisi CMA tersebut.

Demikian dikemukakan Suherman SE selaku Koordinator Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Kalbar, Selasa 9 Oktober 2018, sehubungan dengan ajakan Mercy Corp Indonesia melalui Atya Marsyella selaku Program Coordinator CMA Mercy Corps Indonesia, agar para penggiat usaha mikro berani daftar untuk mengikuti Kompetisi CMA 2018 – 2019.

Dijelaskan Suherman, tahapan pendaftaran melalui website cmaindonesia.id melalui browser, buat akun di website tersebut, selanjutnya lengkapi formulir pendaftaran, batas waktu hingga 30 November 2018. Adapun persyaratan dan ketentuannya adalah pelamar telah menjadi nasabah atau anggota Lembaga keuangan Mikro (LKM) seperti koperasi, bank Perkreditan Rakyat (BPR), BPR Syariah, Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Credit Union, dan Modal Ventura. Warga negara Indonesia berusia lebih 18 tahun. Usaha yang didaftarkan merupakan sumber penghasilan utama dari pelamar. Nilai aset usaha maksimal Rp 50.000.000 (tidak termasuk tanah dan bangunan). Jumlah penjualan tahunan atau omzet tidak melebihi Rp 300 juta. Pelamar belum pernah menjadi finalis dalam kompetisi CMA.  Wajib memenuhi salah satu syarat yaitu menjalankan usaha minimal 2 tahun, atau menjadi anggota LKM minimal 2 tahun.

Hadiah yang disediakan Mercy Coprs Indonesia adalah untuk 8 (delapan) pemenang pengusaha mikro yang akan mendapatkan uang tunai Rp 30 juta, komputer notebook, smartphone, pelatihan dan pendampingan. Sedangkan untuk pemenang Microfinance Institution of the Year akan mendapatkan penguatan institusi senilai Rp 50 juta.

Menurut Suherman, pengusaha mikro di Kalbar sudah harus berani unjuk gigi di forum nasional seperti mengikuti kompetisi CMA ini. Sebab jika kita tidak mencoba dan memulai, kita tidak tahu perkembangan pengetahuan terkait dunia wirausaha di luar sana. Apalgi kegiatan kompetisi ini tingkat nasional sehingga banyak kesempatan untuk berjaringan dan berkembang.

Sebagaimana diketahui, inisiatif diselengarakannya CMA ini berasal dari Citi Foundation yang berkantor pusat di New York, Amerika Serikat. Citi Foundation merupakan bagian dari Citigroup yang beroperasi di lebi dari 100 negara. CMA diluncurkan sejak tahun 2005 dan diselenggarakan di 30 negara sebagai program unggulan Citi.

Tujuan Kompetisi CMA ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kewirausahaan dan keuangan mikro dalam mendukung inklusi keuangan serta penguatan ekonomi individu berpenghasilan rendah.

Adapun kategori penghargaan yang diberikan diantaranya Agriculture and Fishery Microentrepreneurship, Arts and Creative Microentrepreneurship, Culinary Microentrepreneurship, Green Microentrepreneurship, Service and Innovation Microentrepreneurship. Ada juga penghargaan khusus berupa Best Woman Microentrepreneurship, Young Microentrepreneurship, Microentrepreneurship of the Year. Penghargaan Apresiasi berupa Microfinance Institution of the Year.

Bagi pengusaha mikro yang berminat serius mendaftar, dapat berkonsultasi di Gedung PLUT-KUMKM Kalbar, Kantor Dinas Koperasi UKM prov. Kalbar, Jl. Sultan Syahrir No. 5, Kota Pontianak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *