Sinergitas Layanan Informasi Pembiayaan antara LPDB-KUMKM dengan PLUT-KUMKM

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir / LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo membuka kegiatan sinergitas layanan informasi pembiayaan antara LPDB-KUMKM dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu / PLUT-KUMKM tanggal 2-3 oktober 2018 di Semarang, diikuti 13 PLUT-KUMKM seluruh Jawa dan Kalimamtan Barat, Jamkrida Jateng, DIY, dan Jabar dan Dinas Jateng, DIY, Jabar, dan Banten.

Kegiatan selama dua hari tersebut berbentuk sosialisasi dan bimbingan teknis program inklusif LPDB-KUMKM. “Melalui POLI LPDB / Pojok Layanan Informasi yang akan dibangun di PLUT-KUMKM, diharapkan pelayanan LPDB terhadap KUMKM menjadi lebih mudah dan lebih murah.” Kata Braman Setyo.

Tahap awal POLI LPDB akan dibangun di 13 PLUT-KUMKM. LPDB akan menempatkan personilnya di PLUT-KUMKM tersebut. Juga akan dilakukan peningkatan kapasitas konsultan PLUT-KUMKM agar mampu mendampingi KUMKM dalam mengajukan pembiayaan ke LPDB. Di masing-masing PLUT-KUMKM akan dilakukan Training pengauan pembiayaan dengan menghadirkan KUMKM selama bulan okrober-november 2018 di enam provinsi.

“Sinergitas antara PLUT-KUMKM dengan PLUT-KUMKM akan menjadikan PLUT-KUMKM semakin ramai dan semakin memberikan manfaat kepada KUMKM, sekaligus mewujudkan TRI SUKSES LPDB-KUMKM, yakni Sukses Penyaluran, Sukses Pemanfaatan, Sukses Pengembalian.” Ujar Braman Setyo.

Evie Nasution Asisten Deputi Pendampingan Usaha Kedeputian Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan pentingnya Sinergitas antara LPDB-KUMKM dengan PLUT-KUMKM. “kehadiran POLI LPDB akan menjadikan PLUT-KUMKM semakin meningkat kemampuannya dalam melayani KUMKM, sekaligus untuk optimalisasi tujuh layanan pendampingan yang disediakan PLUT-KUMKM. Diharapkan POLI-LPDB bisa dikembangkan ke 61 PLUT-KUMKK di seluruh Indonesia.” ucap Evie Nasution.

Acara sinergitas selama dua hari di Semarang merupakan realisasi dari kerjasama antara LPDB-KUMKM dengan Kedeputian Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM yang telah dibahas sejak Februari 2018 di Jakarta. Dukungan dari Dinas Provinsi dan Kabupaten/Kota sangat diharapkan guna suksesnya sinergitas ini, yang sekaligus diharapkan berkontribusi positif bagi pengembangan usaha KUMKM di daerah. (sam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *