Sosialisasi IUMK bagi UMKM kegiatan fasilitas kemudahan formalisasi badan usaha, usaha kecil menengah

Kamis, 06 September 2018,bertempat di Kantor Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu, "."
Sesuai dengan PP 98 tahun 2014
Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) adalah tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin
usaha mikro dan kecil dalam bentuk satu lembar/naskah IUMK.
IUMK diberikan utk kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya.
SedangkanTujuan pemberian IUMK bagi pelaku usaha mikro dan kecil al untuk:
a. mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha dilokasi yang telah ditetapkan; b. mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha;
c. mendapatkan kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan non-bank; dan
d. mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari pemerintah, pemerintah daerah dan/atau lembaga lainnya.
Utk kepengurusan IUMK ini sangatlah mudah dan cepat, cukup datang ke kecamatan setempat dgn membawa beberapa persyaratan al: Surat Keterangan Usaha dr kelurahan, KTP, KK, NPWP dan foto 4x6 3 lembar, jika persyaratan lengkap 1 hr selesai.
Tapi yg terpenting para pelaku usaha mikro dan kecil tdk hanya dipermudah perijinannya melalui IUMK tetapi akan diberi pendampingan dan pembinaan utk peningkatan usahanya melalui PLUT KUMKM.
Permasalahan yg sering terjadi krn kemudahan proses dan fasilitas ijin yg diberikan masyarakat akan berlomba2 membuat ijin usaha utk legalitas usahanya, tapi sering kali kita lupa pasca pengurusan ijin seringakali tdk kita perhatikan sehingga banyak pelaku usaha mikro yang terdata tak lama kmudian mati atau tidak aktif. Akhirnya data usaha mikro yg ada tdk dpt akurat.
Oleh karena itu PLUT KUMKM Cis KotaBatu berusaha membantu utk melakukan jasa layanan finansial dalam pendampingan usaha bg pelaku usaha mikro dan kecil di kota Batu. Ada 5 bidang pendampingan atau tenaga konsultan di PLUT KUMKM diantaranya bidang SDM, Kelembagaan, Produksi, Pemasaran, Pembiayaan.
Monggo bagi masyarakat kota Batu yang memiliki usaha yg asetnya dibawah 50jt dan omset nya dibawah 300jt dlm satu tahun jgn ragu2 utk mengurus ijin usaha anda di kecematan wilayah usaha / domisili anda, dan jgn lupa juga daftarkan usaha anda utk menjadi binaan PLUT KUMKM kota Batu, insyaalloh konsultan atau tenaga pendamping kami siap membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *