DEPUTI BIDANG RESTRUKTURISASI USAHA KEMENKOP & UKM KUNJUNGI PLUT  KUMKM SURAKARTA DAN PELAKU UMKM  NAIK KELAS  

 

 

Jumat, 21 September 2018 Deputi Menteri Bidang Restrukturisasi Usaha pada Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Bapak Abdul Kadir Damanik mengunjungi Pusat Layanan Usaha Terpadu PLUT KUMKM Surakarta. Kunjungan deputi untuk kali pertama ke gedung PLUT Surakarta yang terletak di Jalan KihajarDewantara No 6. Kentingan Jebres Surakarta merupakan suatu kehormatan bagi PLUT Surakarta yang sudah lama menantikan kunjungan beliau.

Terjadi Diskusi yang cukup menarik antara Deputi dengan para konsultan, diantaraanya mengenai bentuk kelembagaan PLUT, apakah masuk dalam struktural dinas yang membawahi, bentuk UPT atau bentuk BLUD. Hal ini perlu koordinasi lebih lanjut dengan perangkat dearah ditingkat provinsi atau perangkat daerah tingkat Kabupaten / Kota.

Mengenai laporan kegiatan pendampingan KUMKM, Bapak Deputi menekankan bahwa teknis pelaporan Kegiatan Pendampingan harus mengacu pada Keputusan Deputi Bidang Restruktusisasi Usaha nomor 02/KEP/DEP.4/I/2018 tentang Petunjuk Teknis Program Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Tahun 2018. Form yang digunakan dalam pelaporan yaitu form laporan 7a sampai 7g yang pelaporan secara online dilakukan melalui web SIM CIS.

Selain itu kami juga diskusi mengenai konsep tentang PLUT coworking Space, yaitu bagaimana menjadikan PLUT sebagai tempat yang asyik, kekinian sebagai social kitchen bagi UMKM bertemu, berdiskusi, mentoring dan pelatihan, dan sebagai dapur bersama menggodok ide dan gagasan antar pelaku usaha, komunitas bisnis,  pendamping dan para stakeholder untuk saling berkreasi dan menuangkan ide-ide dalam pengembangan KUMKM.

Menjelang maghrib, selepas berdiskusi Bapak deputi dengan tetap bersemangat mengunjungi salah satu pelaku Usaha yang sudah naik kelas  dan merupakan  binaan Dinas koperasi dan UKM kota Surakarta melalui pendampingan konsultan PLUT. Kunjugan  ke pelaku UMKM yang naik kelas (sdr Eko Sri Muryanto) merupakan pengrajin sangar burung di wilayah Mojosongo yang mengalami peningkatan dari berbagai aspek, diantaranya aspek produksi dimana dia sudah mampu melakukan inovasi produk tidak hanya membuat sangkar burung tetapi juga membuat produk lain yaitu aquarium berbahan limbah paralon, peningkatan juga pada aspek kelembagaan yaitu terbentuknya sentra sangkar burung baru (KOMPASSONGO) beliau sebagai ketuanya, begitupula aspek perijinan IUMK sudah dimiliki dan legalitas Haki masih dalam proses. Dari aspek pemasaran juga mengalami peningkatan pesat, karena produknya sudah banyak dipesan dari mancanegara, sedangkan aspek SDM peningkatan kapasitas beliau sudah mampu memberikan pelatihan / mentoring bagi para pelaku UMKM pemula yang belajar pembuatan sangkar burung, dan terakhir tentu saja adanya peningkatan aspek omset dan asset secara signifikan.

Kunjungan Bapak Deputi ke Surakarta, telah memberikan motivasi bagi konsultan PLUT Surakarta untuk lebih bersemangat lagi dalam memberikan pendampingan dan pelayanan bagi pelaku UMKM sehingga diharapkan mampu mewujudkan program 1000 UMKM Solo Naik Kelas dalam jangka waktu  3 tahun.

Terima kasih pak DEPUTI !

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *