GEBYAR UKM 2018 KENDARI, PLUT-KUMKM SULTRA raih Penghargaan atas kontribusi pada UKM Sultra.

Pelan namun pasti, PLUT KUMKM SULTRA terus berdedikasi dalam pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Sultra.

Kamis (20/9) bertempat di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), PLUT KUMKM Provinsi Sulawesi Tenggara diberi penghargaan ICSB PRESIDENTIAL AWARD kategori Policy Maker. Pemberian award dilakukan oleh Dr. Setyo Riyanto, SE, MM, CPM (Asia) selaku Director Academic pada ICSB Indonesia dan diterima oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Prov. Sultra bapak Hery Alamsyah,SE,M.Si.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen PLUT KUMKM SULTRA terhadap pengembangan UKM melalui keberhasilannya meyakinkan pihak lain dalam hal ini Bank Sultra agar mendanai pembangunan Pusat Kuliner KUMKM di areal Gedung PLUT menggunakan sumber dana Bank Sultra. Pusat Kuliner KUMKM ini akan menjadi objek wisata kuliner di Kendari sekaligus objek pendampingan KUMKM oleh para konsultan PLUT. Keberhasilan ini ditandai dengan penandatanganan MoU antara Gubernur Sulawesi Tenggara dan Direktur Utama Bank Sultra pada 24 Juli 2018 lalu.

Penyelenggara kegiatan Gebyar UKM tahun 2018 dari Markplus mentargetkan acara akan diikuti sekitar 400 pelaku UKM di Bumi Anoa. Selain diisi seminar seputar UKM dari pakarnya, Gebyar UKM 2018 akan melibatkan langsung para UKM dengan lomba kurasi. Para UKM diajak berpartisipasi untuk mendaftarkan bisnis mereka, dimana yang terpilih berkesempatan mendapatkan slot promosi selama event berlangsung, sehingga usahanya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas serta mendapat target pasar potensial.

Kurasi akan dinilai oleh Pimpinan PLUT -KUMKM SULTRA, Erytnanda Akbar,SIP,M.Eng selaku kurator serta dipandu oleh para dewan kurator yang berpengalaman dibidang UKM salah satunya oleh Dr. Setyo Riyanto,SE,MM,CPM dari Markplus Inc.

Kota Kendari menjadi Gebyar UKM Indonesia 2018 ke 15 yang disambangi setelah sebelumnya sukses digelar di Kabupaten Kudus.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengedukasi UKM yang ada di Sultra khususnya di Kota Kendari untuk lebih mengenal bagaimana sih proses bisnis diera digital saat ini. Selain memiliki jiwa entrepreneur UKM harus punya jiwa pemasaran. Karena yang paling penting dari membuka sebuah usaha adalah faktor marketnya atau pasar. Harus tahu dulu, pasarnya ada atau tidak.

Kegiatan Gebyar UKM 2018 ini dimulai dari Deli Serdang, Sumatera Utara, pada 31 Juli 2018 lalu dan nantinya Gebyar UKM ini akan berakhir pada November mendatang, tepatnya di Purwakarta, Jawa Barat, pada 29 November 2018 mendatang. 

Pelaksanaan Gebyar UKM tahun ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk semua pihak yang ikut, entah itu penyelenggara, sponsor, maupun peserta dan UKM di Sultra. Semoga melalui kegiatan ini, UKM yang ada di Sultra bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan yang diharapkan dan bisa bersaing dengan UKM di daerah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *