SUMBER WARAS BERBENAH UNTUK NAIK KELAS

Tatik Suharti menerima kunjungan Konsultan Pendamping PLUT (Wahyudiono dan Catur Wahyono)

Pacitan-Dalam rangka terus mendorong UMKM Naik Kelas, Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM Pacitan fokus pada UMKM sasaran tahun 2018. Mulai dari pendampingan, problem solving, dan succes story.

Pada Selasa (4/9) Catur Wahyono dan Wahyudiono, Konsultan Bidang SDM dan Pembiayaan hadir kembali di Kelompok Sumber Waras Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo salah satu UMKM yang berada di perbatasan Kabupaten Ponorogo. Agenda kali ini, monitoring dan evaluasi dari kegiatan sebelumnya yaitu rebranding dan pemasaran online sekaligus meninjau kembali pojok rumah prduksi.

Sumber Waras merupakan UKM yang bergerak dalam pengolahan rempah-rempah yang melimpah di wilayah ini. Beberapa rempah-rempah yang diolah adalah jahe, temulawak, kunyit, kencur, dll. Juga beberapa daun-daunan seperti sirsak dan salam. Jargon usaha Sumber Waras adalah Herbal Organik Asli pacitan.

Tatik Suharti saat Paparan Produk Sumber Waras pada Lomba Pelaku Usaha Olahan Tanaman dan Hortikultura

Tatik Suharti sebagai Ketua Sumber Waras sangat berterima kasih dengan adanya pendampingan dari temen-temen PLUT. Selain bisa meningkatkan kapasitas anggota kelompok juga memberikan akses-akses yang mampu meningkatkan omzet kelompoknya. Terakhir melalui program yang ada di KOMPAK, Sumber Waras berkesempatan menyerap informasi pengembangan usaha.

Paska rebranding dengan mengubah logo dan kemasan serta menetapkan SOP produksi, Sumber Waras mampu berproduksi secara konsisten dengan kapasitas yang terus bertambah. Seiring dengan itu pendapatan kelompok pun meningkat.

Sekalipun perlahan, tidak drastis, omzet kami terus meningkat. Apalagi sekarang ada tim pemasaran yang mengonlinekan produk kami.” tutur Tatik.

Dengan membaiknya tampilan, kulaitas produk, sekarang kami menjadi lebih percaya diri dan mulai banyak dilirik berbagai pihak. Alhamdulillah, tahun ini usaha kami sebagai bagian unit Kelompok Tani Bumi Rahayu Desa Tahunan mewakili Kabupaten Pacitan untuk Lomba Pelaku Usaha Olahan Tanaman dan Hortikultura. Penilaiannya administrasi pada April dan penilaian fisik pada 9 Agustus 2018 kemarin” imbuhnya.

 

Catur Wahyono (Konsultan SDM) mendengarkan curhatan Tatik Suharti tentang kapasitas ovennya

Untuk terus mendorong Sumber Waras dan KUMKM lainnya agar lebih baik dan mampu naik kelas Konsultan Pendamping PLUT-KUMKM akan setia mendampingi.

Kami akan terus memotivasi KUMKM khususnya yang menjadi sasaran kami di tahun 2018 ini. Selain itu, kami merespon positif setiap permasalahan yang dihadapi oleh KUMKM” kata Catur

Selain menjaga semangat KUMKM untuk terus maju, kami akan mengerahkan segalm kemampuan yang kami miliki untuk tidak lelah bersama KUMKM mewujudkan mimpinya. Seperti Sumber Waras ini, kami melihat bahwa usaha yang dijalankan benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat sekitar dan pasar. Rempah-rempah jenis ini (yang diolah Sumber Waras, pen) melimpah ruah, dan Sumber Waras mampu menjadikannya bahan baku produksinya, artinya berpartisipasi dalam nmeningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. Selanjutnya soal pasar, dewasa ini masyarakat luas berfikiran back to nature, kembali ke alam untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih sehat dan  produk dari sumber waras sebagai salah satu jawabannya.” kata Wahyudiono menambahkan.

 

Wahyudiono (Konsultan Pembiayaan) didampingi Tatik Suharti (Sumber Waras)

Beberapa permasalahan yang masih dirasakan oleh Sumber Waras adalah masih terbatasnya alat pengeringan (oven), belum adanya rumah surya, dan pemasaran. ** (iyon, 2018)

Catur Wahyono CIS Pacitan

Dalam proses pencarian aku menetapkan hidupku di dunia Ekonomi-Sosial-Politik (esospol). Penguatan ekonomi bagi diri, keluarga dan masyarakat, penguatan sosial kehidupan bermasyarakat dan memiliki pengaruh dalam perubahan perpolitikan kekinian. Nonton film, membaca dan memasak adalah aktifitas disela-sela belajar kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *