BIMTEK ALUR PERIZINAN UKM KERJASAMA PLUT KUMKM KABUPATEN BELITUNG DENGAN KPP PRATAMA TANJUNGPANDAN

Senin, 27 Agustus 2018, Konsultan Bidang Kelembagaan PLUT KUMKM Kabupaten Belitung melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) di Aula Kantor PLUT KUMKM Kabupaten Belitung di JL. Bambang Utoyo, Tanjungpandan – Belitung dengan tema “MENGENAL ALUR PERIZINAN KUKM”.
Bimtek ini dibuka oleh Bapak Mula Samosir selaku Kepala PLUT KUMKM Kabupaten Belitung. Dalam sambutan beliau berpesan “senang kami bisa terus membantu para pelaku KUKM yang ada di Kabupaten Belitung terus berkembang guna mendukung program Pemerintah Kabupaten Belitung yang memang sedang berfokus disektor pariwisata” ujar Bapak Mula Samosir. Beliau juga berpesan “Ikutilah dengan seksama kegiatan bimtek ini, ini bagian dimana kami memberikan peluang yang sebesar-besarnya untuk pelaku KUKM melakukan inovasi produk, lengkapi segala bentuk perizinan yang ada, semoga kedepannya semakin banyak program-program Pemerintah baik itu pusat maupun daerah yang akan menyasar kepada Pelaku KUKM”
Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 20 peserta para pelaku KUKM lintas sektor yang ada di Kabupaten Belitung. Para peserta terlihat sangat antusias dalam kegiatan bimtek kali ini, hal ini diakrenakan mereka mengetahui tentang alur perizinan usaha mulai dari pembuatan IUMK (untuk semua usaha kecil menengah), P-IRT, dan Halal untuk usaha kuliner dan makanan olahan, serta perizinan lainnya seperti HAKI, SNI dan juga trik bagaimana cara mendapatkan dana CSR Perusahaan BUMN dan perusahaan Swasta.
Dalam kegiatan ini, PLUT KUMKM Kabupaten Belitung juga menggandeng pihak KPP Pratama Tanjungpandan untuk memberikan materi tentang PP 23 Tahun 2018 yang menitikberatkan tentang penurunan tariff PPh Final untuk pelaku KUKM dari sebelumnya 1 % dari omset menjadi 0,5 % dari total omset.
Dalam sambutannya, Bapak Buyung Muniryanto selaku perwakilan dari KPP Pratama Tanjungpandan mengatakan “Ini tahun kedua kami bekerjasama dengan pihak PLUT KUMKM Kabupaten Belitung dalam pelaksanaan kegian bimtek dan sosialisasi, semoga kerjasama ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya”.
Adapun selaku narasumber bimtek kali ini adalah Budiman, S.AB yang juga Konsultan Kelembagaan di PLUT KUMKM Kabupaten Belitung, dan moderator oleh Feldi Herisyah Putra, S.Tr yang juga merupakan Konsultan Bidang Produksi di PLUT KUMKM Kabupaten Belitung.
Kegiatan Bimtek di PLUT KUMKM Kabupaten Belitung akan terus berlanjut dibulan September 2018 dengan tema dan peserta KUKM yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *