PLUT dan Diskoperindag Terus Promosi UMKM

KOTA BIMA-Peningkatan ekonomi kerakyatan memang mejadi salah satu program prioritas pemerintah kota. Salah satunya adalah penguatan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Hal ini yang tengah gencar dilakukan PLUT dan Diskoperindag kota. Upaya yang dilakukan dengan menyediakan media promosi bagi UMKM di kota. Seperti kemarin, Diskoperindag menyiapkan lapak khusus bagi pedagang di lapangan Merdeka Bima pada kegiatan jalan santai HUT RI.

Tidak tanggung-tanggung ada 20 UMKM yang diundang untuk menjajahkan prodaknya di bazar tersebut. Mereka terdiri dari UMKM pangan dan kerajinan tangan.

“Disetiap kesempatan kami akan selalu menghadirkan UMKM,” ujar Kepala Diskoperindag kota Nurjanah S Sos.

Dijelaskannya, upaya ini dilakukan untuk terus mengenalkan produk lokal pada warga. Sebab selama ini banyak produk lokal yang kurang dikenal.

Padahal untuk urusan kualitas, olahan warga ini sudah memenuhi standar. Hanya saja media promosi mereka yang masih kurang.

Melalui momen-momen seperti ini promosi bisa dilakukan. Dan menurut dia sangat tepat. Karena warga yang baru tahu bisa membeli langsung produk mereka.

“Ini memberikan keuntungan lebih bagi mereka. Selain dikenal barang mereka juga laku terjual,” tegas Kepala Diskoperindag kota di Lapangan Merdeka Bima.

Nurjanah mengaku upaya promosi ini akan terus dilakukan. Bukan hanya lokal tapi setiap event nasional akan selalu dipamerkan produk mereka.

Untuk menunjang itu semua, PLUT kota kerap mengadakan palatihan. Mulai dari pembinaan keuangan, permodalan, promosi dan lainnya.

“Di PLUT mereka dilatih untuk meningkatkan standar mutu produk. Mulai dari kemasan, memiliki label halal dan memenuhi standar gizi khusus bagi pangan,” tegasnya. (puji

)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *