CIS ACEH BESAR LATIH UKM SENTRA KERIPIK UBI DI SAREE TENTANG PENINGKATAN KUALITAS PRODUK DAN DIVERSIFIKASI OLAHAN UBI

CIS Aceh Besar sebagai  lembaga pendamping  KUMKM pada bulan Agustus ini menyelenggarakan bimtek manajemen usaha di sentra usaha keripik ubi di Saree, Aceh Besar. Kegiatan  ini dilaksanakan berdasarkan kebutuhan pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya. Sebagaimana diketaui bahwa saree sebagai daerah penghasil tanaman hortikultura memiliki potensiyang besar untuk berusaha dengan melihat daerah saree sebagai jalan lintas Banda aceh- Medan.

Pelatihan yang bertemakan peningkatan kualitas produk hasil pertanian ini lebih menekankan kepada kualitas produk baik dari segi bahan baku, proses produksi sampai bahan jadi. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah unsur higienitas produk sehingga produk yang dihasilkan dijamin bersih dan sehat. Hal ini ditandai dengan adanya perijinan Dinkes  PIRT, BPOM, Halal dan beberapa standar lainnya untuk produk makanan.

Salah satu peserta, Rudi Miasto, pemilik usaha “Bintang Baru” di Saree menyatakan sangat puas dan senang dengan adanya pelatihan di sentra keripik, Beliau berharap dengan pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya menjaga kualitas produk yang dihasilkan terutama keripik ubi sebagai andalan produk Saree.

 

 

 

Nurul Fatmawati, S.Sos, M.Si

Konsultan Pemasaran CIS Aceh Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *