Kalbar Peringati Hari UMKM Internasional

PONTIANAK- Peringatan Hari UMKM Internasional yang jatuh pada tanggal 27 Juni diperingati oleh penggiat UMKM binaan Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Prov. Kalbar dan Ponti Market serta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Prov. Kalbar, Minggu 12 Agustus 2018 di Gedung PLUT Kalbar.

Peringatan Hari UMKM Internasional yang diselenggarakan secara sederhana tersebut dihadiri sekitar 50 penggiat UMKM, ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Tommy Sunjoto SH MH selaku Presiden Direktur Ponti Market, didampingi Suherman SE selaku Koordinator Konsultan Pendamping PLUT Kalbar dan Fenny Rakhmawati S. Sos, M. Si selaku Kasi Akses Permodalan dan Pemasaran Ekonomi Kreatif Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Prov. Kalbar.

Dalam kesempatan itu baik Ponti Market, PLUT Kalbar dan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Prov. Kalbar bersepakat untuk membangun sinergisitas antar kelembagaan yang peduli dengan program Pemerintah RI agar UMKM Naik Kelas.

Sebagaimana diketahui, Ponti Market terlahir dari visi misi besar yang peduli terhadap geliat entrepreneurship dan dunia digital yang terus meroket di Indonesia khususnya Kalbar. Bersinergi dengan hal itu maka lahirnya Ponti Market dengan latar belakang tim para trainer, motivator, konsultan dan pelaku entrepreneur juga praktisi digital yang bersentuhan langsung dengan pelaku usaha di Kalbar.

“Adapun program unggulan Ponti Market adalah entrepreneur 7GO yaitu Branding, Digital, Modern, Finansial, Global, Unik & Sustainable,”ujar Tommy.

Dikemukakan Tommy Sunjoto, visi Ponti Market adalah memiliki komitmen untuk maju dan fokus pada pengembangan UMKM di Kalbar. Sedangkan misinya menjadi perusahaan solusi digital dan pengembangan entrepreneurship 7GO (Branding, Digital, Modern, Finansial, Global, Unik & Sustainable) di Kalimantan Barat. Menciptakan banyak peluang bagi masyarakat Kalbar melalui pemanfaatan teknologi digital dan pengembangan sumber daya alam serta produk berbahan baku lokal. Bersinergi dan saling bekerjasama secara aktif kepada setiap entitas yang mendukung kemajuan ekonomi masyarakat melalui entrepreneurship berbasis digital.

Sementara itu Fenny mengemukakan dengan adanya ekonomi kreatif dalam nomenklatur Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Prov. Kalbar, maka kita mulai bergerak secara sistematis agar terbangun sinergisitas dengan stakeholder yang reputable untuk fokus membangun dunia usaha melalui kegiatan UMKM. “Kita senang bahwa Dinas Koperasi UKM Prov. Kalbar melalui PLUT nya sudah lebih rapi melakukan pendampingan,”ujar Fenny. Harapannya, dalam menangani isu UMKM, kita selalu mengedepankan sinergisitas sehingga UMKM Naik Kelas bukan habis hanya slogan saja.

Menanggapi kehadiran Ponti Market dalam keikutsertaannya membangun UMKM di Kalbar, Suherman selaku Koordinator Konsul Pendamping PLUT Kalbar mengemukakan kehadiran Ponti Market merupakan kegembiraan bagi kami dalam membangun UMKM Naik Kelas karena menangani kegiatan UMKM ini tidak bisa dikerjakan sendiri. “Dengan semakin banyak stakeholder yang terlibat akan lebih baik lagi,”ujar Suherman.

Dalam kesempatan itu penggiat UMKM mendapat Bimbingan Teknis mengenai video bisnis keren yang membuat omset gak bisa di rem dari Rully atau yang lebih akrab didunia maya dengan sapaan Arya Dwipangga selaku owner Digital Artis Studio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *