SINERGI PLUT KUMKM KAB. MALANG DENGAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO PEDESAAN

Malang, 2 Agustus 2018 Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang besinergi dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Airlangga Surabaya dalam program pelatihan dan pengembangan Produk Desa 2018, dalam pelatihan tersebut dihadiri oleh pelaku usaha mikro berjumlah 15 orang yang menjalankan usaha stick sayur cimi-cimi, usaha ini baru dijalankan sekitar 2 tahun oleh kelompok usaha bersama di Dusun Biyan Desa Sukomulyo Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Dalam pelatihan tersebut PLUT KUMKM Kab. Malang yang diwaliki oleh Zainul Abidin (Konsultan Pendamping Bidang Pemasaran) menyampaikan materi terkait dengan pemasaran produk secara offline dan online, dalam pelatihan tersebut diberikan informasi tentang akses pemasaran ke Pusat Oleh-oleh di Malang dan praktek pembuatan Google My Bussiness untuk usaha stick sayur tersebut. Kemudian Materi kedua terkait dengan pengelolaan keuangan usaha di sampaikan oleh Tri Kustina (Konsultan Pendamping Bidang SDM) yaitu praktek mengidentifikasi pengeluaran dan pemasukan dalam menjalankan usaha stick sayur yang dilakukan oleh Ibu-Ibu.

Dengan adanya pelatihan dan pengembangan usaha mikro stick sayur ini diharapakan dapat memberikan manfaat lebih bagi proses pengembangan usaha mereka serta diharapkan salah satu dari peserta tersebut bisa gabung di Paguyuban UMKM di Kabupaten Malang dan diberika pendampingan secara intensif oleh Konsultan Pendamping PLUT KUMKM Kab. Malang.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *