SINERGI PLUT TULUNGAGUNG DENGAN PT PNM DALAM PENGEMBANGAN KAPASITAS USAHA

CIS Tulungagung- Sabtu (28 Juli 2018) PLUT Tulungagung dan PT PNM Cabang Tulungagung melakukan sinergi dalam rangka pengembangan kapasitas usaha di Kabupaten Tulungagung, sinergi tersebut diwujudkan dalam kegiatan yaitu "Pelatihan dan Praktek Pembukuan/ Akuntansi Sederhana untuk Pelaku UMKM". Kegiatan yang bertempat di gedung PLUT Tulungagung tersebut di ikuti oleh lebih dari 50 peserta yang terdiri dari berbagai macam pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Tulungagung.

Kepala PT. PNM Cabang Tulungagung, Mizan Saroni, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dukungan dalam rangka peningkatan kapasitas usaha untuk pelaku usaha mikro akan terus dilakukan melalui kegiatan pelatihan-pelatihan, pemberian pinjaman kredit lunak melalui ULaMM dan fasilitas promosi produk di event pameran di tingkat lokal, provinsi maupun nasional.

Pemateri dalam kegiatan tersebut yaitu Eni Widhajati selaku konsultan pendamping bidang pemasaran PLUT Tulungagung. Dalam menjalankan sebuah usaha, selain strategi pemasaran ada hal yang dianggap cukup memberi peran besar dan bisa dianggap salah satu hal penting dalam menunjang keberhasilan suatu usaha, yaitu dengan melakukan pencatatan keuangan atau yang biasa disebut pembukuan. Dengan adanya pembukuan yang baik dan dijalankan secara konsisten akan lebih menyakinkan kreditur di dalam menyediakan dan memberikan bantuan berupa modal usaha. Sedangkan bagi pemilik/ pelaku usaha, dengan pembukuan yang baik akan memudahkan dalam perencanaan keuangan atau menghitung kebutuhan modal. Laporan keuangan juga akan menunjukkan kinerja keuangan yang berupa hasil keuntungan yang diperoleh selama ini.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Antusias peserta terlihat pada sesi tanya jawab, ada beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan untuk pemateri maupun pihak PT. PNM. Pada akhir acara PT. PNM juga memberikan doorprise bagi peserta yang aktif mengikuti pelatihan dan bertanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *