Uray Abu Bakar: Kota Pontianak Konsisten Perkuat Koperasi

PONTIANAK- Pemerintah Kota Pontianak dalam menumbuhkembangkan badan usaha koperasi senantiasa selalu berinovasi untuk memberikan pengetahuan,  meningkatkan  kualitas dan profesionalitas para pengelola koperasi.

Oleh karena itu para pengelola koperasi harus benar-benar memahami tata kelola koperasi yang baik/good cooperative gouvernance, memahami kebijakan pengawasan koperasi, termasuk didalamnya hal-hal yang terkait nomor induk koperasi.

Demikian dikemukakan Drs. Uray Abu Bakar selaku Sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro Dan Perdagangan Kota Pontianak, Rabu 25 – 27 April 2018 pada acara Pelatihan Perkoperasian Bagi Gerakan Koperasi Se-Kota Pontianak, yang dihadiri 40 peserta dari Koperasi Primer, di Aula Dekopinwil Prov. Kalbar.

Pelatihan Perkoperasian Bagi Gerakan Koperasi Se-Kota Pontianak tersebut diantaranya difasilitasi Konsultan dari Center for Integrated Services of SMEsCo, Pusat Layanan Usaha Terpadu – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT KUMKM) Prov. Kalbar menyampaikan materi-materi terkait konsep dan strategi penembangan usaha koperasi.

Adapun tim konsultan PLUT KUMKM Kalbar yang berpartisipasi yaitu Anton Juniardi selaku Konsultan bidang SDM, Abdul Husaini selaku Konsultan bidang Kelembagaan dan Suherman selaku Konsultan bidang Pemasaran.

Menurut Suherman yang juga Koordinator Konsultan PLUT Kalbar, kegiatan bimbingan teknis untuk pengelola koperasi semacam ini harus menjadi agenda tetap pemerintah daerah untuk memberi ruang gerak ekonomi kerakyatan yang cukup bagi masyarakat untuk berwirausaha. “Semakin banyak badan usaha primer yang dibentuk masyarakat menunjukkan semakin tingginya minat masyarakat untuk mengorganisir diri dalam mengakomodir kepentingan pengembangan ekonomi kerakyatan yang sama,”ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *